Ukraina Kalahkan Rusia di Kharkiv, AS Gelontor Lagi Bantuan Militer 

Ahmad Islamy Jamil
Ilustrasi perang IFoto iNews.id/Reuters)

WASHINGTON DC, iNewsPurwokerto.id – Kemajuan pasukan Ukraina yang memukul Rusia membuat Amerika Serikat (AS) bakal menambah bantuan militer. Nilainya diperkirakan mencapai 600 juta dolar AS  atau sekitar Rp9 triliun.  

Bantuan tersebut diberikan setelah pasukan Ukraina telah merebut kembali puluhan kota dalam beberapa hari terakhir, setelah tentara Moskow meninggalkan benteng utamanya di Kharkiv, Sabtu (10/9/2022). Ini menjadi kekalahan terburuk Rusia sejak meletusnya perang pada Februari lalu. 

Menurut Koordinator Komunikasi Strategis Gedung Putih John Kirby bantuan pertahanan untuk Kiev nanti juga mencakup peralatan dan amunisi serupa yang dikirim AS minggu lalu. 

“Saya tidak akan mendahului paket bantuan keamanan berikutnya (untuk Ukraina). Saya pikir kita akan melihat (paket) yang lainnya di sini dalam beberapa hari mendatang. Kami sejalan dengan Ukraina, berbicara dengan mereka setiap hari,”jelas Kirby di Gedung Putih, Washington DC, Selasa (13/9/2022). 

Sebelumnya dikabarkan seorang staf Kongres AS yang mengetahui masalah tersebut mengungkapkan bahwa Washington DC bakal mengucurkan paket bantuan militer baru untuk Ukraina senilai 600 juta dolar AS. 

Hal terseut merupakan bantuan Barat untuk menyediakan pasokan senjata mematikan kepada Kiev untuk menghadapi Rusia. 

Editor : EldeJoyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network