Kisah Jenderal Kopassus Benny Moerdani Nasehati Soeharto: Nek Aku Manut Nasihatmu, Ora Koyo Ngene!

Tim iNews. id
Jenderal Benny Moerdani dilantik menjadi Panglima ABRI atau Panglima TNI oleh Presiden Soeharto. (Foto dok Benny Moerdani Profil Prajurit Negarawan).

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Kisah Jenderal TNI (Purn) LB Moerdani atau Benny Moerdani memberikan nasihat kepada Presiden ke-2 RI Soeharto berujung penyesalan. Soeharto kala itu tak menuruti nasihat Benny Moerdani.

Penyesalan Soeharto itu disampaikan ketika Benny Moerdani tengah terbaring di kasur perawatan RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Presiden ke-2 RI Soeharto yang datang menjenguk sempat mengutarakan penyesalannya kepada Benny.

Dikutip dalam buku Benny Moerdani Yang Belum Terungkap seri buku Tempo. Dengan suara yang sangat lirih dan nyaris tidak terdengar Soeharto mengungkapkan penyesalannya. Pelan-pelan mata dua jenderal itu pun berkaca-kaca.

“Kowe pancen sing bener, Ben. Nek aku manut nasihatmu, ora koyo ngene (Kamu memang yang benar, Ben. Seandainya aku menuruti nasihatmu, tak akan seperti ini),” kata Soeharto seperti yang ditirukan oleh asisten Benny yang berada di ruang perawatan.

Pada tahun 1980an, bisnis anak-anak Soeharto masuk hampir ke semua sektor termasuk ikut campur urusan pengadaan alat utama sistem senjata ABRI. Namun beberapa kali Benny menolaknya.

Editor : Aryo Arbi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network