Transformasi Digital Tingkatkan Mutu Pelayanan ke Peserta JKN

Arbi Anugrah
Transformasi Digital Tingkatkan Mutu Pelayanan ke Peserta JKN. Foto: Dok BPJS Kesehatan

PURWOKERTO, INewsPurwokerto.id - Dalam upaya pengembangan layanan kesehatan berbasis digital untuk meningkatkan mutu layanan fasilitas kesehatan, BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto melakukan kegiatan Koordinasi Pelayanan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) Mitra BPJS Kesehatan, Kamis (09/03/2023). Kepala BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto, Unting Patri Wicaksono Pribadi menyatakan transformasi digital pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tidak terlepas dari peran stakeholder dan fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan.

“Tahapan transformasi digital rumah sakit antara lain, antrean online, bridging V-Claim, Surat Eligibilitas Peserta (SEP) Elektronik, fingerprint, dan lainnya. Untuk mengimplementasikan transformasi digital memang akan ada tantangan tersendiri yang harus dihadapi. Namun, kita harus selalu mengoptimalkan mutu layanan fasilitas kesehatan untuk peserta JKN. Hal ini tentunya membutuhkan dukungan yang konsisten dari rumah sakit untuk menerapkan transformasi digital,” kata Unting dalam kegiatan yang diikuti 45 FKRTL mitra BPJS Kesehatan wilayah Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Purbalingga.

Berdasarkan data tahun 2022, total registrasi pengguna Aplikasi Mobile JKN di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto ialah sebesar 125.208 pengguna dengan tingkat pemanfaatan sebesar 114.416 atau sebesar 91% dari total pengguna. Unting memberikan apresiasi untuk RSU An-Ni’mah, salah satu FKRTL mitra BPJS Kesehatan di Kabupaten Banyumas atas pemanfaatan antrean online yang terintegrasi Aplikasi Mobile JKN.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada RSU An-Ni’mah atas konsistensinya dalam pemanfataan antrean online menggunakan Aplikasi Mobile JKN. Pada bulan Februari 2023, pemanfataan antrean online menggunakan Aplikasi Mobile JKN di RSU An-Ni’mah ialah sebesar 5,03% dari total SEP terbit,” katanya.

Selain antrean online menggunakan Aplikasi Mobile JKN, inovasi lainnya yang dikembangkan BPJS Kesehatan untuk mempersingkat waktu tunggu layanan ialah Elektronik- SEP (E-SEP). Untuk dapat mengimplementasikan E-SEP, rumah sakit harus menerapkan antrean online dan perekaman fingerprint (sidik jari).

“Ketika rumah sakit sudah mengaktifkan E-SEP maka saat peserta mendapatkan pelayanan sudah tidak perlu lagi mencetak SEP. E-SEP hanya diperlukan untuk kebutuhan pengajuan klaim dari FKRTL ke BPJS Kesehatan sehingga waktu tunggu layanan peserta akan lebih efisien dan efektif. Sebanyak 98% FKRTL mitra BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto telah mengaktifkan E-SEP baik di rawat jalan maupun di rawat inap,”ujar Unting.

Penerapan E-SEP berdampak bagi rumah sakit terutama dalam hal efisiensi biaya dan mempersingkat waktu tunggu. Hal ini diungkapkan Direktur RSUD Ajibarang, Nugroho Harbani yang mendapatkan manfaat ekonomis dari implementasi E-SEP ini.

Editor : Arbi Anugrah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network