Urus KTP Elektronik di Purbalingga Kini Bisa COD, Masyarakat Cukup Tunggu di Rumah

Arbi Anugrah
Urus KTP Elektronik di Purbalingga Kini Bisa COD. Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id - Untuk memudahkan pengurusan KTP elektronik (KTP-el) dan Kartu Identitas Anak (KIA), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinpendukcapil) Kabupaten Purbalingga meluncur sistem Cash On Delivery (COD). Dengan layanan ini masyarakat cukup menunggu di rumah hingga KTP elektronik yang diurus tiba.

Kepala Dinpendukcapil Purbalingga, Fathurrohman, menjelaskan inovasi ELKIAPOS (penghantaran KTP-el dan KIA langsung ke alamat pemohon) bekerja sama dengan Kantor Pos Purbalingga ini diluncurkan pada 17 April 2023 lalu. Dengan adanya layanan tersebut, nantinya pemohon dapat memilih apakah kartu tersebut akan diambil sendiri, ditunggu di Kantor Dinpendukcapil atau dikirim melalui Pos.

"Bagi pemohon yg memilih dikirim melalui sistem COD diharuskan membuat dan manandatangani persetujuan terlebih dahulu. Dan hanya dikenakan biaya jasa pengiriman sebesar Rp10.000 flat jauh dekat di wilayah Kabupaten Purbalingga, yang dibayarkan kepada petugas Pos ketika KTP-el atau KIA diterima pemohon dialamat yang bersangkutan," kata Fathurrohman dalam keterangannya, Jumat (28/4/2023).

Ia mengatakan, respon masyarakat terhadap layanan ini cukup baik. Bahkan sebagian masyarakat mengaku senang dengan layanan COD KTP-el dan KIA. "Rata-rata COD per hari 100-150 kartu," tambahnya.

Menurut Sub Koordinator Identitas Penduduk, Aries Setyamami menjelaskan, dengan menggunakan layanan ini, nantinya pemohon dapat menerima kartu paling lama tiga hari setelah membuat permohonan distribusi secara COD.

Editor : Arbi Anugrah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network