Inilah Destinasi Wisata Alam Banyumas yang Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

Elde Joyosemito
Wisata Banyumas, salah satunya Baturraden. (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Anda sedang mencari rekomendasi destinasi wisata alam di Kabupaten Banyumas untuk akhir pekan? Baca artikel ini untuk mengetahui pilihan yang tepat!

Banyumas, yang dikenal sebagai kota seribu air terjun, menyimpan banyak destinasi wisata alam yang menawan. Ada air terjun yang indah, pegunungan yang hijau, dan berbagai wahana menarik di tengah udara segar alam.

Berikut beberapa destinasi wisata alam di Kabupaten Banyumas yang layak dikunjungi untuk melepas lelah setelah seminggu bekerja.

1. Curug Jenggala

Jika Anda belum pernah mengunjungi air terjun di Banyumas, Anda harus berkunjung ke Curug Jenggala di Purwokerto. Udara alam yang asri dan suara burung merdu akan membuat pikiran dan tubuh Anda menjadi lebih rileks. Tempat ini sangat cocok bagi remaja dan mahasiswa yang sedang mencari ketenangan.


Curug Jenggala (Foto: Instagram)

Meskipun baru dibuka sejak 2016, destinasi wisata yang sangat Instagramable ini langsung menjadi populer di berbagai kalangan. Selain air terjun setinggi 30 meter yang menjadi daya tarik utama, panorama alam dan objek wisata lain di sekitarnya juga tak kalah indahnya.

Fasilitas yang disediakan juga lengkap, termasuk area parkir, toilet, ruang ganti, mushola, kios makanan, dan penginapan di sekitar kawasan wisata.

Untuk mencapai curug ini, Anda harus berjalan kaki melewati jalur trekking yang sangat indah selama sekitar 30 menit.

Tiket masuk ke Curug Jenggala sangat terjangkau, hanya Rp10.000 per orang dengan jam buka setiap hari mulai pukul 07.00-15.30 WIB.

2. Curug Ceheng Gandatapa

Curug Ceheng Gandatapa atau yang lebih dikenal dengan sebutan Curug Ceheng adalah bagian dari sungai Pelus yang deras. Air terjun setinggi 13 meter ini mengalir ke daerah hilir hingga Sumbang dan sekitarnya.

Curug ini memiliki ceruk seperti setengah lingkaran dengan latar belakang Gunung Slamet dan lokasinya tersembunyi di tengah perkebunan dan hutan. Rute perjalanan tidak terlalu sulit, tetapi tetap perlu hati-hati.


Curug Ceheng yang menjadi salah satu air terjun yang menarik di Banyumas. (Foto: Instagram)
 
Jarak dari gerbang masuk ke lokasi sekitar 400 meter. Kemudian, Anda harus menuruni anak tangga berkelok dengan tebing curam selama sekitar 70 menit.

Tiket masuk ke Curug Ceheng Gandatapa seharga Rp15.000 dengan biaya parkir kendaraan roda 2 Rp1.000 dan kendaraan roda 4 Rp2.000. Fasilitas yang tersedia meliputi parkir, tempat perkemahan yang rindang, loket tiket, dan kamar mandi.

3.Telaga Sunyi

Setelah mengunjungi air terjun, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi tempat yang menawarkan pemandangan alam yang indah dengan aliran air tenang yang jernih berwarna hijau kebiruan. Meskipun aliran airnya pelan dan tidak terlalu tinggi, pengunjung dilarang bermain atau berenang di area bawah karena dalam dan alirannya cukup deras.


Wisata telaga sunyi Baturraden (Foto: Instagram/ @telagasunyi_baturraden)
 
Di sepanjang jalan menuju lokasi, pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan sawah penduduk, sungai kecil yang jernih, serta wilayah pepohonan tinggi yang rimbun.

Telaga Sunyi terletak di daerah Limpakuwus, Sumbang dengan harga tiket masuk sebesar Rp13.000 per orang. Telaga ini buka setiap hari dari jam 07.00-17.00 WIB bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana tenang di sana.

4. Hutan Pinus Limpakuwus

Bagi yang tidak ingin bermain air, pengunjung dapat mengunjungi Hutan Pinus Limpakuwus Baturraden. Tempat ini menjadi daya tarik bagi wisatawan karena pepohonan pinus yang menjulang tinggi dan objek wisata yang dapat dimainkan oleh anak-anak dan orang dewasa.


Kawasan wisata alam hutan pinus Limpakuwus. (Foto: Elde Joyosemito)
 
Tidak hanya objek wisata yang menarik seperti trampolin yang memacu adrenalin kita, Hutan Limpakuwus juga memiliki berbagai spot foto seperti gubuk bambu, anjungan kayu, jembatan memanjang antar pohon pinus dan terbuat dari kayu dengan jaring tali di kanan kiri jembatan, serta hammock yang dapat digunakan untuk bersantai.

Hutan Limpakuwus juga menawarkan area perkemahan serta wahana ATV dan Spider Web yang dijamin akan membuat liburanmu semakin seru.

Untuk pengunjung yang ingin berkunjung ke Hutan Limpakuwus, akan dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp15.000 belum termasuk tiket wahana di dalamnya. Destinasi wisata yang berada di Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas ini buka dari jam 08.00-16.00 WIB. Rute perjalanan menuju lokasi tidak sulit.

5. Bukit Pangonan Indah

Destinasi ini cocok untuk pengunjung yang ingin bersantai, tanpa harus melewati rute yang sulit dan dapat menikmati pemandangan sabana.
Area ini sebenarnya merupakan jalan desa di daerah perbukitan yang tinggi dengan tebing yang cukup terjal. Namun, tempat yang dekat dengan lokasi wisata lain seperti Curug Gemawang dan Agro Tunggul Mas ini memiliki pemandangan sabana yang menyegarkan mata di sisi jalan.

Saat ini, Bukit Pangonan sudah memiliki fasilitas gazebo dan tempat duduk dihiasi dengan tanaman bunga yang langsung menghadap ke arah pemandangan sabana yang indah. Tempat ini juga tersedia area parkir, warung-warung makan, mushola, serta cafe untuk kamu yang suka nongkrong.

Untuk mencapai lokasi ini, kamu harus berkendara naik ke pegunungan selama 40-60 menit dari jalan raya. Tak perlu khawatir karena rute perjalanan sudah sangat baik sehingga cukup mudah dilalui. Lokasi tepatnya di Karangaren Lor, Karanggintung, Kecamatan Sumpiuh, kabupaten Banyumas. Tarif tiket masuknya pun terbilang murah yakni seharga Rp5.000 saja dengan jam buka pukul 07.00-17.00 WIB.

6. Kebun Raya Baturraden

Bagi kamu yang sering mengunjungi Baturraden pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat ini.

Kebun Raya Baturraden adalah tempat yang tidak hanya dijadikan sebagai destinasi wisata, tetapi juga sebagai tempat konservasi tumbuhan pegunungan. Meskipun pengunjung dilarang memasuki area tersebut, tetapi kamu masih bisa menikmati keindahan dan kesejukan alamnya.


Kebun Raya Baturraden ( Foto : Instagram/@panoramapurwokerto).
 
Area ini memiliki berbagai macam tanaman seperti tumbuhan paku, kantung semar, anggrek, tanaman obat, dan lain-lain. Koleksi tanamannya mencakup 116 suku, 396 marga, 571 spesies, dan 2.637 spesimen.

Kebun Raya Baturraden menawarkan berbagai tempat yang harus dieksplorasi seperti Pancuran 7, Pancuran 3, Rumah Kuntilanak, Gedung Putih, dan beberapa air terjun yang indah.

Kebun Raya Baturraden terletak di kaki Gunung Slamet, tepatnya di Desa Karangmangu, Baturraden. Rute perjalanan ke lokasi ini mudah dan aman. Di area ini kamu bisa bereksplorasi ke Rumah Kompos, Rumah Kaca, Rumah Anggrek, Tempat Pembibitan, Rumah Dinas, dan Gazebo. Harga tiket masuk area ini sebesar Rp 15.000 dengan jam buka 08.00-16.00 WIB.

7. Baturraden Adventure Forest

Baturraden Adventure Forest terletak di bawah kaki Gunung Slamet. Jika kamu sedang mencari tempat seru-seruan, maka tempat ini bisa menjadi pilihan terbaikmu. Tempat dengan luas sekitar 50 hektar ini menawarkan area outbound, camping, canyoning, dan lain-lain.


Baturraden Adventure Forest, salah satu tempat yang sangat mengasyikkan. (Foto: IG BAF)
 
Selain itu, tempat ini menawarkan kegiatan water adventure, seperti river boarding, treetrek adventure, rappelling/abselling, night adventure, mini circuit bike, longslide, forest trekking, cold-water therapy, can koyon adventure, dan bungee trampoline. Harga tiket masuk tergantung paket dan buka pada jam 08.00-17.00 WIB.

Itulah beberapa wisata alam di Kabupaten Banyumas yang cocok untuk mengisi akhir pekanmu. Dengan harga yang terjangkau, kamu bisa menikmati liburan bersama keluarga dan orang terkasih.
 

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network