Hari ke-7 Pencarian 8 Penambang Emas Banyumas, Basarnas: Dilanjutkan atau Dihentikan?

Arbi Anugrah
Hari ke-7 Pencarian 8 Penambang Emas Banyumas, Basarnas: Dilanjutkan atau Dihentikan?. Foto: Dok Basarnas

5. Worksite A-5 melakukan pemantauan Bendungan di Sungai dan Sumur Galian di sekitar Sungai

6. Worksite A-6 melakukan pengurasan di Sumur Majenang dihentikan, pompa dan personil digeser ke Worksite A-1 dan A-2

Sebelumnya, pada hari keenam Senin (31/7) kemarin, air yang disedot menggunakan 35 pompa bertekanan tinggi oleh Tim SAR Gabungan bukannya berkurang, tetapi malah semakin bertambah.

"Upaya yang sudah kita lakukan hasilnya sampai saat ini ternyata genangan air malah semakin bertambah, yang awalnya kemarin kita sudah berhasil menurunkan hingga kedalaman 14 meter. Sekarang setelah kita ukur lagi sore tadi, ternyata malah menjadi 12 meter lagi, sehingga terjadi penambahan sekitar 2 meter lagi," kata Kasubsi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, Prio Prayudha Utama kepada wartawan, Senin (31/7/2023).

Ia menduga jika terdapat cekungan air tanah atau Akuifer tertekan yang merupakan lapisan rembesan air yang mengandung kandungan air tanah yang bertekanan lebih besar. Kendala-kendala tersebut yang membuat proses evakuasi delapan penambang emas hingga hari keenam ini masih belum membuahkan hasil.

"Analisis sementara bahwa memang dugaan kita untuk yang jebol itu adalah cekungan air tanah ataupun Akuifer tertekan itu semakin kuat. Nah kenapa bisa semakin besar, kemungkinan dugaannya adalah karena tanah-tanah disekitar bocoran sudah semakin jenuh," jelasnya.

 

Editor : Arbi Anugrah

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network