Pasien Covid-19 Kian Melonjak, Ada RS di Kebumen yang Dirikan Tenda

Elde Joyosemito
Bupati Kebumen melakukan pngecekan ketersediaan tempat tidur di RS. (Foto: Dok Pemkab Kebumen)

KEBUMEN, iNews.id- Kasus positif Covid-19 di Kebumen masih cukup tinggi. Dampaknya, ketersediaan tempat tidur pada rumah sakit rujukan pasien positif Corona atau Covid-19 di Kebumen pun semakin menipis. Bahkan, sudah ada RS yang mendirikan tenda-tenda untuk pasien Covid-19.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto saat meninjau kondisi penanganan pasien Covid-19 di RSUD Prembun dan RSUD dr Soedirman Kebumen, Kamis (8/7/2021). “Di RSUD Prembun ini ada 74 pasien Covid-19, ruang perawatan sudah mau penuh, karena tempat tidur untuk pasien Covid-19 ini hanya tersisa  2 tempat tidur saja,”ungkapnya.

Bupati meminta agar ada penambahan tempat tidur lagi untuk pasien Covid-19 sebanyak 20 tempat tidur. “Namun kendalanya di sini adalah nakes kita terbatas seiring tambahnya pasien Covid-19, Bahkan 35 nakes kita tengah menjalankan isolasi mandiri atau isoman,"katanya.

Bupati juga mengatakan, ada RS lain yang telah mendirikan tenda. “Rumah sakit lain juga sama, sudah banyak yang hampir penuh. Seperti di PKU Gombong, Sruweng, Purwogondo, mereka telah menambah dengan tenda-tenda. Sementara Permata Medika juga sama sudah ada 16 pasien yang digeser ke rumah sakit lain karena sudah penuh,”jelasnya.

Demikian juga di RSUD Soedirman, ketersedian tempat tidur untuk pasien Covid-19 di sana juga kian menipis. Dari total 163 tempat tidur, kini yang sudah terpakai sebanyak 149. Hanya tersisa 14 tempat tidur. "Jadi ini sudah sangat kecil," jelas Bupati.

Bupati sudah meminta adanya penambahan tempat tidur minimal 36 tempat tidur, dan juga penambahan ruang ICU. Sama halnya dengan RSUD Prembun, kendala yang dihadapi di RSUD Soedirman, yakni keterbatasan nakes.

 

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network