Ini 8 Wisata Alam Banyumas yang Bebas Polusi, Cocok untuk Healing

Elde Joyosemito
Wisata alam di Banyumas. (Foto: iNewsPurwokerto)

3. Pancuran Pitu


Wisatawan menikmati pijat belerang di Pancuran Pitu atau Pancuran Tujuh, Baturraden, (Foto : iNewsPurwokerto).
 
Baturaden di Kabupaten Banyumas memiliki berbagai destinasi wisata unggulan yang menarik banyak pengunjung, termasuk Pancuran Pitu atau Pancuran Tujuh, yang terletak di kaki Gunung Slamet dan merupakan sumber air panas yang mengandung belerang. 

Saat liburan tiba, kawasan Lokawisata Baturraden selalu ramai oleh wisatawan, baik dari Kota Purwokerto dan sekitarnya, maupun dari kota-kota besar seperti Jakarta. 

Di Pancuran Tujuh, wisatawan juga dapat menikmati pijat belerang dari tujuh sumber mata air panas yang mengandung belerang. Para pemijat belerang yang tergabung dalam sebuah paguyuban siap melayani pengunjung dengan biaya pijat belerang sekitar Rp 15 ribu untuk kaki atau tangan, dan sekitar Rp 50 ribu untuk seluruh tubuh. 

Belerang ini diklaim memiliki manfaat kesehatan terutama untuk mereka yang menderita reumatik atau masalah peredaran darah.

4. Tebing Selirang


Tebing Selirang, setinggi sekitar 50 meter berada dikawasan pancuran Tujuh Baturraden terbentuk dari aliran air hangat yang membawa belerang. (Foto : Aryo Rizqi).
 
Masih di sekitar Lokawisata Pancuran Pitu, Anda akan menemukan Tebing Selirang. Tebing setinggi sekitar 50 meter ini terbentuk oleh aliran air hangat yang membawa belerang. 

Airnya memiliki suhu hangat dan bersama dengan pepohonan rindang di sekitarnya, menciptakan tempat yang nyaman untuk berlama-lama. 

Untuk mencapai Tebing Selirang, pengunjung hanya perlu menuruni anak tangga dari sumber mata air panas Pancuran Tujuh. Airnya memiliki suhu sekitar 40-45 derajat Celsius, dan air ini juga dipercaya memiliki manfaat kesehatan untuk kulit. Air terjun seperti ini yang memiliki air hangat dan eksotis diklaim hanya ada di Pancuran Tujuh Baturraden.

5. Hutan Pinus Limpakuwus


Kawasan wisata alam hutan pinus Limpakuwus. (Foto: iNewsPurwokerto)
 
Baturraden menyimpan beragam keindahan alam di lereng selatan Gunung Slamet, termasuk hutan pinus Limpakuwus. Hutan ini terletak di Desa Limpakuwus dan berbatasan langsung dengan wisata Telaga Sunyi. 

Hutan pinus Limpakuwus berada pada ketinggian sekitar 750 meter di atas permukaan laut (mdpl), yang membuatnya memiliki iklim yang sejuk. Pagi dan sore menjelang senja, kabut sering turun, menambah keindahan suasana. Hutan pinus ini merupakan tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati alam.

Editor : EldeJoyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network