Ini 8 Wisata Alam Banyumas yang Bebas Polusi, Cocok untuk Healing

Elde Joyosemito
Wisata alam di Banyumas. (Foto: iNewsPurwokerto)

6. Curug Jenggala


Curug Jenggala (Foto: Instagram)
 
Jika Anda belum pernah menjelajahi air terjun di Banyumas, kunjungilah Curug Jenggala di Purwokerto. Suasana alam yang segar dan merdu burung akan membawa ketenangan bagi pikiran dan tubuh Anda. Tempat ini sangat cocok bagi remaja dan mahasiswa yang mencari kedamaian.

Meskipun baru dibuka sejak tahun 2016, destinasi wisata yang sangat Instagrammable ini cepat populer di kalangan berbagai usia. Selain air terjun setinggi 30 meter yang menjadi daya tarik utama, panorama alam dan objek wisata lain di sekitarnya juga tak kalah indahnya.

Fasilitas yang tersedia lengkap, termasuk area parkir, toilet, ruang ganti, mushola, kios makanan, dan penginapan di sekitar area wisata.

Untuk mencapai curug ini, Anda perlu trekking selama sekitar 30 menit melewati jalur yang indah.

Tiket masuk ke Curug Jenggala sangat terjangkau, hanya Rp10.000 per orang, dan jam buka setiap hari dari pukul 07.00-15.30 WIB.

7. Menggala Ranch

 

Suasana Menggala Ranch. (Foto: iNewsPurwokerto)
 
Suasana perbukitan yang ditutupi rumput hijau dan beberapa ekor sapi sedang merumput akan membuat Anda merasa seperti berada di luar negeri, seperti di New Zealand. Anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan sensasi padang bukit yang asri seperti di Eropa.

Anda hanya perlu datang ke Cilongok, Banyumas. Lokasinya berada di Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTU-HPT) di kawasan bukit Manggala. Lahan yang luas dengan rumput yang menghijau sangat cocok untuk piknik. Cukup bawa tikar dan duduk santai sambil menikmati pemandangan dan bermain dengan hewan ternak yang berkeliaran di tempat ini.

Anda akan menemukan domba dan sapi perah yang berkeliaran bebas di sini. Selain menikmati pemandangan alam peternakan, Anda juga dapat belajar tentang beternak dan bahkan mencoba memerah sapi secara langsung. Lokasi Manggala Ranch dapat dicapai dalam waktu 45 menit dari Kota Purwokerto. Tidak ada biaya masuk, tetapi Anda perlu membayar biaya parkir sekitar Rp2.000 hingga Rp3.000 untuk sepeda motor.

8. Telaga Kumpe


Telaga Kumpe di Cilongok (Foto: iNewsPurwokerto)
 
Destinasi piknik berikutnya di Banyumas, Jawa Tengah, adalah Telaga Kumpe. Terletak di Grumbul Pesawahan, Desa Gunungluruh, Kecamatan Cilongok, Banyumas, tempat ini agak jauh dari pusat kota, sekitar 18 kilometer atau sekitar 40 hingga 60 menit dari Kota Purwokerto.

Pemandangan hijau yang menenangkan di sekitar telaga, bersama dengan air telaga yang tenang dan udara pegunungan, akan membantu meredakan kelelahan dan stres bagi siapa pun yang mengunjungi Telaga Kumpe.

Selain menikmati keindahan alam, Anda juga dapat mencoba naik perahu. Biaya sewa perahu hanya Rp5.000 per orang untuk 30 menit. Setiap perahu sudah dilengkapi dengan pelampung. Di sini juga terdapat warung yang menjual berbagai makanan ringan seperti mendoan. Tiket masuk ke Telaga Kumpe adalah Rp5.000 per orang. Sayangnya, belum ada penginapan terdekat di tempat ini.

Demikianlah beberapa destinasi wisata alam di Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang mencari tempat piknik dengan suasana alam yang eksotis.

Editor : EldeJoyosemito

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network