Keren, Siswa SMP Negeri 1 Cilacap Raih Emas pada Olimpiade Penelitian

Elde Joyosemito
Siswa SMP Negeri 1 Cilacap berhasil meraih Medali Emas pada ajang OPSI SMP tahun 2023 Bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan. (Foto: Istimewa)

Dengan memanfaatkan daun ketapang dalam proses pengawetan, mereka berhasil memperpanjang masa simpan kerang totok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan daun ketapang lebih efektif dibandingkan dengan daun sirih atau daun kecombrang. 

Keberhasilan ini membuat Aretha Gitza Rasendriya dan Fityan Zaky Kamaluddin berhak mendapatkan Medali Emas pada OPSI SMP tingkat Nasional.

Kepala SMP Negeri 1 Cilacap, Kasidin mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi siswa-siswinya yang berhasil meraih penghargaan tertinggi di bidang riset tingkat nasional. Ia menjelaskan bahwa sejak tahun 2021, SMP Negeri 1 Cilacap konsisten meraih medali di ajang bergengsi ini, dengan meraih Medali Emas pada tahun 2021, Medali Perunggu pada tahun 2022, dan kembali meraih Medali Emas pada tahun 2023.

"Semua pencapaian ini adalah hasil dari kerja keras dan semangat siswa, didukung oleh dedikasi seluruh guru pembimbing, Kepala Sekolah, dan seluruh Dewan Guru," ujar Kasidin.

Editor : EldeJoyosemito

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network