Kompetisi Gemastik 2024, Hasilkan Talenta Muda Berbakat Bidang TIK

Arbi Anugrah
GEMASTIK menjadi ajang kompetisi dan wadah bagi mahasiswa mengembangkan potensi dan wawasan di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Foto: Dok Kemendikbudristek

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Gelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) menjadi ajang kompetisi dan wadah bagi mahasiswa mengembangkan potensi dan wawasan di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Ajang yang diikuti sejumlah mahasiswa berbagai bidang teknologi dari seluruh Universitas di Indonesia ini resmi ditutup, Rabu (25/9) lalu.

Gemastik 2024 digelar dalam 11 bidang lomba, diantaranya yakni Penambangan Data, Pemrograman, Desain Pengalaman Pengguna, Keamanan Siber, Animasi, Kota Cerdas, Pengembangan Perangkat Lunak, Piranti Cerdas Sistem Benam & IoT, Karya Tulis Ilmiah TIK, Pengembangan Aplikasi Permainan, dan Pengembangan Bisnis TIK. Tahun ini, terdapat peningkatan jumlah pendaftar menjadi 3.385 orang jika dibandingkan pada tahun 2023 yang hanya sebanyak 2.780 pendaftar.

“Harapan kami kolaborasi tetap terjaga dan terbangun dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika agar Indonesia bisa mengembangkan digital talent melalui acara penyelenggaraan ini," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Maria Veronica Irene Herdjiono dalam keterangannya, Sabtu (28/9/2024).

Khusus kepada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Irene berharap agar perhelatan ini dapat mengenalkan mahasiswa ke berbagai akses yang bisa mereka gunakan untuk menggeluti bidang informasi dan teknologi. 

Sementara menurut Wakil Rektor I Universitas Negeri Semarang (Unnes), Zaenuri, mengucapkan terima kasih kepada Kemendikbudristek yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaannya kepada Unnes sebagai penyelenggara Gemastik ke-17 tahun 2024 ini. 

“Acara Gemastik telah berlangsung dengan penuh kegembiraan dan tidak ada hal yang negatif karena Gemastik ke-17 di Unnes mengedepankan sportivitas. Pada Gemastik ini para talenta talenta TIK didukung penuh untuk menyalurkan bakatnya,” terang Zaenuri.

Pada acara penutupan Gemastik tersebut, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Said Mirza Pahlevi, menyampaikan selamat kepada peserta yang berhasil meraih gelar juara. 

“Selamat kepada para finalis serta peserta Gemastik, yang tentunya ajang tingkat nasional ini diikuti oleh para talenta-talenta terbaik yang telah melalui seleksi dan pembinaan di perguruan tinggi masing-masing,” ucapnya.

Dalam ajang tersebut, juara 1 bidang Pemrograman diraih oleh Tim dari Universitas Indonesia. Lalu, Juara 2 diraih oleh Tim dari Universitas Indonesia dan Juara 3 diraih oleh Tim dari Universitas Gadjah Mada.

Sedangkan untuk Juara Harapan diraih Tim dari Universitas Bina Nusantara. Lalu untuk Tim Terbaik Regional 2 diraih oleh Tim dari Universitas Tanjungpura dan Tim Terbaik Regional 3 diraih oleh Tim dari Universitas Hasanuddin. 

Sementara untuk bidang Keamanan Siber, Juara 1 diraih oleh Tim dari Universitas Bina Nusantara. Juara 2 diraih oleh Tim dari Institut Teknologi Bandung dan Juara 3 diraih oleh Tim dari Universitas Brawijaya. Sedangkan untuk Juara Harapan diraih oleh Tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Kemudian untuk Best Attacker diraih oleh Universitas Gunadarma. Sedangkan Best Defender diraih oleh Tim dari Politeknik Negeri Malang.

Editor : Arbi Anugrah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network