Inilah Kelsang Pedron, Gadis Tibet yang Jadi Wanita Pertama Pilot Jet Tempur Angkatan Udara China

Muhaimin
Kelsang Pedron, gadis Tibet yang jadi wanita pertama pilot jet tempur Angkatan Udara China. Foto: X

Dua tahun kemudian, kesempatan datang saat gurunya mengumumkan bahwa Angkatan Udara PLA sedang merekrut kadet penerbangan perempuan, dan mendorong siswa yang berminat untuk melamar. Kelsang Pedron yang penuh semangat segera mendiskusikannya dengan orang tuanya, meminta izin dan dukungan mereka.

"Ayah saya setuju tanpa ragu-ragu. Beliau juga mendorong saya untuk mencoba. Jadi saya memberi tahu guru saya bahwa saya akan melamar dan segera mulai mempersiapkan tes seleksi awal," katanya, seperti yang dilaporkan oleh ecns, Selasa (23/4/2024).

Setelah melewati serangkaian tes, gadis remaja tersebut terpilih bersama lebih dari 200 pelajar perempuan lainnya dari seluruh negeri untuk tahap terakhir proses seleksi, yang akhirnya menghasilkan 40 pelamar yang diterima di Universitas Penerbangan Angkatan Udara di Changchun, provinsi Jilin.

Kelsang Pedron lulus semua ujian. Bahkan, dia juga berhasil mendapatkan nilai tinggi dalam Ujian Masuk Perguruan Tinggi Nasional. Pada bulan Agustus 2019, Kelsang Pedron resmi terdaftar di Universitas Penerbangan Angkatan Udara, menjadi wanita Tibet pertama yang memulai studi tentang pengoperasian pesawat tempur.

Para penerbang Tibet telah menjadi bagian dari angkatan bersenjata China sejak pertengahan tahun 1970-an, tetapi semuanya adalah laki-laki.

Menurut instrukturnya, Kelsang Pedron telah berlatih dengan sangat keras untuk mencapai keunggulan dalam karier pilihannya sebagai penerbang. Sampai saat ini, dia telah berhasil menerbangkan jet latih tingkat dasar dan lanjutan, dan baru-baru ini berhasil lulus uji terbang tunggal dengan jet tempur.

Editor : Sazili Mustofa

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network