Biodata dan Profil Gus Iqdam, Pendakwah Muda yang Populer dengan Istilah Dekengan Pusat

Lutfan Faizi/Arbi Anugrah
Biodata dan Profil Gus Iqdam, Pendakwah Muda yang Populer dengan Istilah Dekengan Pusat. Foto: Instagram @iqdammuhammad_

Sebagai informasi, Gus Iqdam merupakan anak bimbingan Muhammad Abdurrahman Kautsar atau Gus Kautsar di Pondok Pesantren Al-Falah Ploso, Kediri, Jawa Timur.

Pada Desember 2018, Gus Iqdam lantas mendirikan Majelis Ta’lim bernama Sabilu Taubah. Pada awalnya, sarana dakwah yang dilakukan Gus Iqdam sangat terbatas dan dimulai dengan jemaah yang seadanya.

Akan tetapi, seiring waktu Majelis Ta’lim Sabilu Taubah semakin banyak dikenal. Hingga akhirnya jemaahnya Gus Iqdam terus bertambah pesat. 

Berdasarkan informasi beberapa sumber, banyak dari jemaah Gus Iqdam yang datang dari kalangan luar pesantren dan awalnya tidak memahami ilmu agama. Akan tetapi, sesuai dengan tujuannya mendirikan Majelis Ta'lim sebagai tempat mengaji bagi orang-orang luar, Gus Iqdam sendiri akhirnya tidak merasa keberatan.

Saat melakukan dakwahnya, Gus Iqdam banyak disukai jemaah karena ciri khas dalam penyampaian ilmu agama yang lemah lembut, sopan dan lucu. Pengajian dan dakwah yang rutin yang dilakukan makin dikenal dengan ciri khas ‘Dekengan Pusat’. 

Selain melakukan dakwah, Gus Iqdam juga merupakan pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikam II di Desa Karanggayam, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Hingga pada akhirnya Gus Iqdam menikahi Aning Nilatin Nihayah pada tahun 2021.

Istri Gus Iqdam sendiri diketahui merupakan putri dari almarhum KH Thoha Widodo Zaini Munnawir dari Pondok Pesantren Lirboyo. Dalam kehidupan rumah tangganya, Gus Iqdam dan Ning Nila telah dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Ahmad Novel Zubaidi Al Munawwir atau disapa Gus Novel.

Biodata Gus Iqdam

- Nama asli : Muhammad Iqdam Kholid 

- Tempat lahir : Blitar, Jawa Timur 

- Tanggal lahir : 27 September 1994 

- Usia : 29 tahun -Nama ayah : KH Kholid 

- Nama ibu : Lanratul Farida 

- Istri : Aning Nilatin Nihayah 

- Profesi : Pendakwah

Itulah biodata dan profil Gus Iqdam, semoga informasi ini bermanfaat.

Editor : Aryo Arbi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network