Trending di X #TurunkanUKTUnsoed, Ada Apa?

Tim iNewsPurwokerto.id
Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Media sosial mendadak ramai membahas mengenai uang kuliah tunggal (UKT) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Salah satunya adalah TikTok. Bahkan, pada Rabu (24/4/2024) malam menempatkan #TurunkanUKTUnsoed menjadi trending topic di X twitter.

Di medsos TikTok, ada yang yangt mengunggah mengenai besaran IKT Unsoed oleh akun @anotherstrangers. Dalam postingan dengan backsound lagunya Nyoman Paul The Way You Look Ata Me, dia mengunggah beberapa data mengenai UKT Unsoed. Misalnya, Hubungan Internasional UKT-nya mencapai Rp13 juta, MIPA sebesar Rp14 juta, Kesehatan Masyarakat Rp19,8 juta. 

Sedangkan ketika iNewsPurwokerto.id menelusuri #TurunkanUKTUnsoed menjadi trending topic di X twitter, menemukan berbagai macam komentar yang intinya mereka geger karena UKT Unsoed yang menjulang tinggi.

UKT di prodi lainnya seperti Farmasi, ternyata jauh lebih tinggi Berdasarkan akun @mehturu, Prodi Farmasi UKT-nya mencapai Rp25,6 juta.

Sementara akun @batir_unsoed menyebutkan bahwa "baru-baru ini, fakta mengejutkan terkait Uang Kuliah Tunggal (UKT). Kenaikan UKT untuk mahasiswa baru 2024 telah memunculkan banyak pertanyaan mengenai alasan di balik kebijakan kenaikan UKT yang drastis ini."

Para mahasiswa mulai mengkritisi. Bahkan, berdasarkan unggahan dari @Unsoedfess1963, ada informasi mengenai seruan konsolidasi pada Kamis, 25 April 2024 di Pendopo Belakang PKM Unsoed. Isinya adalah Konsolidasi Terbuka. Mengundang seluruh keluarga besar Unsoed menyikapi kenaikan UKT dan Uang Pangkal. 

Dalam unggahan berikutnya, akun tersebut juga menyatakan bahwa pendidikan bukanlah komoditas yang diperdagangkan, siapapun berhak mendapatkan pendidikan. 

Editor : Elde Joyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network