Peringatan Hardiknas di Banyumas Diwarnai dengan Pagelaran Tari

Elde Joyosemito
Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 digelar di Alun-alun Purwokerto pada Kamis (2/5/2024) diwarnai dengan pagelaran tari. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 digelar di Alun-alun Purwokerto pada Kamis (2/5/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas. 

Pj Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, memimpin upacara yang diikuti oleh sekitar 2.500 peserta termasuk kepala sekolah, guru, tenaga pendidik, siswa, dan berbagai stakeholder pendidikan lainnya dari sektor formal maupun non-formal di Kabupaten Banyumas.

Dalam amanatnya, yang merupakan pembacaan dari pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Menbudristek) Republik Indonesia, Nadiem Makarim, tema "Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar" diangkat sebagai fokus. 

Menbudristek menggarisbawahi bahwa Program Merdeka Belajar telah membawa transformasi dalam pendidikan di Indonesia, memberikan kebebasan kepada siswa untuk bermimpi dan kepada guru untuk inovatif dalam mendidik.

"Kini, kita melihat mahasiswa yang siap berkontribusi tidak hanya di dalam kampus, tetapi juga di luar kampus, dan seniman serta pelaku budaya yang terus mendapat dukungan untuk berkreativitas. Dengan Program Merdeka Belajar ini, diharapkan semangat tersebut dapat terus berlanjut,"demikian amanat yang dibacakan oleh Pj Bupati Banyumas.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Joko Wiyono, menyampaikan bahwa upacara diikuti oleh pasukan pengibar bendera dari SMA Negeri 2 Purwokerto dan dimeriahkan dengan penampilan Tari Kebhinekaan oleh 178 pelajar SMP Negeri 1 Wangon dan Tari Lokal Banyumas yang dibawakan oleh 50 pelajar SMP Negeri 2 Wangon, menggambarkan kebhinekaan bangsa.

"Melalui tarian P5 dan tari Rumeksa, kita menyampaikan pesan tentang kekuatan dan keunikan kebhinekaan Indonesia. Ini adalah refleksi dari konsep Merdeka Belajar yang kita rayakan hari ini," jelas Joko.

Dia juga menambahkan harapan bahwa pendidikan di Banyumas akan semakin intensif dalam menguatkan Kurikulum Merdeka guna menyiapkan Generasi Emas Indonesia menjelang 100 tahun kemerdekaan pada tahun 2045, generasi yang tidak hanya cemerlang dalam pencapaian akademis tapi juga mendalam dalam cinta budaya dan bakti kepada keluarga dan negara.

Editor : Elde Joyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network