Cara Cek Saldo Tapera Bagi Peserta yang Telah Aktif Secara Online

Kurnia Nadya/Arbi Anugrah
Cara Cek Saldo Tapera Bagi Peserta yang Telah Aktif Secara Online. Foto: SITARA

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Bagaimana cara cek saldo Tapera bagi peserta yang telah aktif. PNS aktif merupakan salah satu peserta Bapertarum yang dapat mengecek saldo Tapera yang telah terhimpun, pengecekan saldo Tapera bisa dilakukan secara online.

Dikutip IDXChannel dari laman resmi Tapera (7/6/2024), saldo awal peserta Tapera bersumber dari akumulasi iuran PNS aktif yang telah aktif menjadi peserta Bapertarum. BP Tapera dan aktuaris bekerja sama untuk menghitung saldo awal berikut pengembangannya.

Saat ini, pengecekan saldo Tapera hanya bisa dilakukan oleh PNS aktif yang telah menjadi peserta. Sebab pemerintah menunda penerapan Tapera untuk karyawan swasta.

Diketahui, Tapera diwajibkan bagi semua karyawan di Indonesia. Besaran iuran 3%, di mana karyawan akan membayar dari gajinya sendiri sebesar 2,5%, sedangkan sisanya ditanggung oleh perusahaan atau pemberi kerja. 

Program ini sendiri mendapat penolakan keras dari masyarakat, mereka beranggapan jika pelaksanaan Tapera dianggap memaksa pekerja untuk menabung. Padahal, pekerja dapat mengelola pendapatannya sendiri untuk perencanaannya masing-masing. 

Apalagi, manfaat Tapera dalam perolehan KPR hanya bisa dinikmati oleh pekerja kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Sedangkan pekerja yang sudah memiliki rumah dan tidak masuk dalam golongan MBR, hanya bisa mencairkan tabungannya di akhir masa kepesertaannya berikut pemupukannya.

Lalu, seperti apa cara cek saldo Tapera bagi PNS yang telah lebih dulu menjadi peserta? Cara cek saldo Tapera bisa dilakukan melalui laman resmi Sistem Informasi Tapera (SITARA). Ini langkah-langkahnya: 

  • Buka situs SITARA di https://sitara.tapera.go.id/
  • Klik ‘Masuk’ untuk ‘Peserta’
  • Isi NIK dan kata sandi, lalu klik ‘Masuk’
  • Setelah masuk ke halaman utama, klik ‘Informasi Tabungan’
  • Website akan menampilkan saldo Tapera yang dimiliki peserta
  • Selesai

Demikianlah cara cek saldo Tapera bagi PNS aktif yang sudah menjadi peserta. Semoga informasi ini bermanfaat.

Editor : Arbi Anugrah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network