Warga Poncowarno Gelar Kenduri Syukuran di Jalan Baru Hasil Program TMMD

Elde Joyosemito
Puluhan warga di Dukuh Pucung, Desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno, Kebumen, menggelar kenduri di jalan yang baru saja dibangun. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-Puluhan warga di Dukuh Pucung, Desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno, Kebumen, menggelar kenduri di jalan yang baru saja dibangun melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2024. 

Warga tampak bahagia dan penuh syukur saat merayakan peresmian jalan tersebut pada Jumat (7/6/2024).

Jalan ini merupakan akses utama yang menghubungkan tiga desa, yakni Desa Jembangan, Desa Karangtengah, dan Desa Tegalreja. Sebelumnya, kondisi jalan yang rusak berat menghambat mobilitas ekonomi dan pertanian warga. Namun, kini jalan sepanjang 750 meter dengan lebar 3 meter dan ketebalan 0,15 meter tersebut sudah mulus berkat pembangunan yang dilakukan melalui program TMMD dengan anggaran Rp 581 juta dari APBD Provinsi, APBD Kabupaten, dan APBDes.

Dandim 0709 Kebumen, Letkol CZI Ardianta Purwandhana, menyatakan pihaknya bergotong royong meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Seperti program bupati dan wakil bupati, Pak Arif dan Bu Rista, Jamu Seger, jalan mulus ekonomi bergerak,"jelasnya.

Usai meresmikan pembangunan jalan dan menutup Program TMMD Sengkuyung Tahap II, Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih, langsung meninjau lokasi. Puluhan warga menyambutnya dengan antusias, menggelar kenduri dengan nasi tumpeng dan lauk pauk di sepanjang jalan yang baru selesai dibangun.

"Artinya mereka sangat bangga dengan kehadiran TNI dan Polri di sini, mereka menerima mereka sehingga terjalin hubungan yang harmonis untuk bersama-sama bergotong royong memajukan perekonomian masyarakat," jelas Wabup Rista.

Kepala Desa Jembangan, Muholis, menambahkan bahwa kenduri ini merupakan bentuk rasa syukur warga atas rezeki yang telah diterima. Selain jalan yang menjadi akses utama, warga juga baru saja melaksanakan panen raya dengan hasil yang melimpah.

"Ini bentuk rasa syukur warga, baru saja panen dan ternak-ternak yang dipelihara juga sudah menghasilkan. Harapannya dengan adanya jalan yang diperbaiki ini, roda perekonomian masyarakat sekitar bisa meningkat," ucapnya.

Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II tahun anggaran 2024 dengan tema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan” digelar di Lapangan Desa Jembangan. Wakil Bupati Kebumen, Hj. Ristawati Purwaningsih, bertindak sebagai Inspektur Upacara. Acara tersebut juga diisi dengan cek kesehatan gratis dan pemberian paket sembako di Balai Desa setempat.

Editor : Elde Joyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network