Banyumas 10.000 Lengger Bicara Catat Rekor MURI

Arbi Anugrah
Banyumas 10.000 Lengger Bicara Catat Rekor MURI. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Perhelatan Banyumas 10.000 Lengger Bicara yang merupakan pencatatan rekor MURI digelar Sabtu (22/6/2024) sore di GOR Satria Purwokerto berjalan lancar. Ribuan orang beragam usia, dan jenis kelamin semua tampil sebagai Penari Lengger Banyumas

Penggagas acara sekaligus Maestro Lenger Lanang Rianto mengatakan jika dirinya bersama dengan lengger Banyumas yang tersisa, berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas untuk melestarikan lengger. Sebab penari lengger yang ada, saat ini mulai berkurang akibat meninggal dunia. Selain itu penerus lengger masih minim sehingga dikhawatirkan akan punah.


Banyumas 10.000 Lengger Bicara Catat Rekor MURI. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

 

Banyumas 10.000 Lengger Bicara melibatkan berbagai sanggar tari, pelajar, mahasiswa, Aparatur Sipil Negara, hingga masyarakat umum di Banyumas ini, diharapkan mengenal dan mau menjadi lengger. Seperti pada masa keemasan lengger di Banyumas era tahun 60 - 90 an.

"Jadi tujuannya masyarakat mengenal lengger, kemudian mau menjadi lengger. Sehingga lengger di Banyumas tetap lestari, nga kaya saat ini lengger semakin berkurang," kata Rianto kepada wartawan.

Sementara menurut PJ Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro mengatakan pangelaran lengger ini secara kolosal, akan dilaksanakan setiap tahun. Sebagai event budaya, sekaligus jadi daya tarik wisata.

Editor : Arbi Anugrah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network