Daftar 12 Konglomerat Sawit Terkaya di Indonesia, Ada yang Berharta Fantastis Capai Rp140 Triliun

Sazili Mustofa
Ilustrasu perkebunan sawit milik konglomerat di Tanah Air. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Indonesia adalah produsen minyak kelapa sawit mentah (CPO) terbesar di dunia. Inilah alasan mengapa banyak konglomerat terjun ke dalam bisnis ini.

Berdasarkan data dari Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki), produksi CPO Indonesia tahun lalu mencapai 46,8 juta ton. Hal ini didukung oleh ketersediaan lahan yang luas.

Luas perkebunan kelapa sawit di Indonesia mencapai 15,1 juta hektare (ha). Kalimantan dan Sumatera adalah dua pulau dengan perkebunan sawit terbanyak. Selain itu, perkebunan sawit juga terdapat di Sulawesi dan mulai merambah Papua.

Berikut daftar pengusaha sawit terkaya di Indonesia versi Forbes dikutip dari beberapa sumber:

1. Keluarga Widjaja 

Keluarga Widjaja berada di peringkat ke-2 orang terkaya Indonesia versi Forbes 2021. Kekayaan keluarga Widjaja saat ini sebesar 9,7 miliar dolar AS atau setara Rp140 triliun.

Keluarga Widjaja mewarisi kerajaan bisnis yang dirintis oleh Eka Tjipta Widjaja yang meninggal pada Januari 2019 pada usia 98 tahun. Keluarga Widjaja tercatat sebagai pemilik Sinar Mas Group. 

Sinar Mas Group merupakan produsen minyak goreng terbesar di Indonesia dengan merek Filma. Selain itu, juga memiliki perusahaan penghasil sawit terbesar di dunia Golden Agri-Resources.

2. Anthoni Salim

Anthoni Salim menempati peringkat ke-3 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2021. Adapun kekayaannya saat ini sebesar 8,5 miliar dolar AS atau Rp122,7 triliun. 

Sumber kekayaan Anthoni Salim tidak hanya berasal dari produk mi instan, Indomie, tapi juga dari kelapa sawit.

Diketahui Bisnis kelapa sawit keluarga Salim dijalankan lewat perusahaannya Indofood Agri Resources Ltd. Sementara di bawah Grup Salim, ada beberapa perusahaan yang bergerak di bidang kepala sawit, seperti PT Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP) dan PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP).

Beberapa tahun ke belakang, Grup Salim mengakuisisi banyak perusahaan kelapa sawit yang membuat lahan miliknya menjadi makin luas. 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network