Kilang Cilacap Raih Penghargaan ISRA 2024 Lewat Inovasi Keberlanjutan Konservasi Mangrove

Elde Joyosemito
KPI RU IV Cilacap kembali meraih penghargaan Indonesia Social Responsibility Awards (ISRA) 2024 dalam kategori Konservasi Keanekaragaman Hayati. (Foto: Istimewa)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id-PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap kembali meraih penghargaan Indonesia Social Responsibility Awards (ISRA) 2024 dalam kategori Konservasi Keanekaragaman Hayati. 

Penghargaan tersebut diterima oleh Officer Commrel & Compliance Kilang Cilacap, Sunaryo Adi Putra, dalam acara malam penganugerahan di Hotel Grand Mercure, Solo, pekan lalu.

Area Manager Commrel & CSR Kilang Cilacap, Cecep Supriyatna, menyebutkan bahwa penghargaan ini diberikan atas keberhasilan Kilang Cilacap dalam program Konservasi Laguna Kawasan Segara Anakan Cilacap (Kolak Sekancil) di Dusun Lempong Pucung, Desa Ujungalang, Kecamatan Kampung Laut.

“Kolak Sekancil adalah optimalisasi potensi mangrove untuk mendukung peningkatan kesadaran dan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Cecep menjelaskan bahwa sejak 2009, perusahaan bersama local hero, Thomas Heri Wahyono, telah menanam mangrove di titik-titik kritis, mencapai 1,7 juta batang pohon di lahan seluas 180 hektar. 

“Dari data itu, teridentifikasi 56 jenis mangrove, dan 8 jenis telah tersertifikasi. Ditambah lagi ada 64 jenis burung, 8 jenis mamalia, 3 jenis reptil, dan 2 spesies flora serta 12 fauna yang berstatus konservasi tinggi,” katanya.

Keberhasilan ini berlanjut dengan mendorong kelompok masyarakat untuk melakukan pembibitan secara masif, yang kini menjadi bisnis kelompok yang mampu meningkatkan perekonomian. “Dalam satu tahun, kelompok mampu membibitkan mangrove sebanyak 1,5 juta bibit,” ujar Cecep.

Kilang Cilacap melanjutkan inovasi dengan memanfaatkan buah mangrove menjadi produk olahan dan pewarna alami untuk batik mangrove. “Kegiatan ini dilakukan oleh kelompok binaan dengan omset rata-rata Rp4.500.000 per bulan,” tambahnya.

Editor : EldeJoyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network