Penyintas Kekerasan Usia Anak di Banyumas, PRGA Unsoed: Didominasi Perempuan

Arbi Anugrah
Penyintas Kekerasan Usia Anak di Banyumas, PRGA Unsoed: Didominasi Perempuan. Foto: Dok PRGA Unsoed

Sedangkan pemilihan lokus berdasarkan pada data Simfoni PPA Juni 2022 dengan lokus lima Provinsi tertinggi dan 26 Kabupaten/Kota pada masing-masing Provinsi tertinggi untuk kasus kekerasan anak yaitu Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Utara, dan DKI Jakarta. 

Dari data tersebut, lanjut Eri, dipilih data anak yang sudah siap melakukan proses reintegrasi sosial, berkoordinasi dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) PPPA yang ada di wilayah tersebut. Program lanjutan berjalan mulai Maret 2024 sampai dengan Juli 2024. 

"Kegiatan ini secara garis besar bertujuan untuk memberikan penguatan pada proses resiliensi penyintas usia anak melalui pelatihan bidang sosial, berupa hardskill untuk mengembangkan minat bakat anak, dan softskill untuk meningkatkan kemampuan komunikasi anak dalam menunjang fase reintegrasi sosial," jelasnya.

Kegiatan yang diselenggarakan PRGA Unsoed dan Yayasan Sahabat Kapas di Kabupaten Banyumas ini sendiri berjalan secara bertahap. Diawali dengan pendataan dan penilaian kondisi mental emosional anak, serta identifikasi minat bakat masing-masing anak. 

"Tahap pelatihan hardskill dan softskill dilakukan dengan melibatkan beberapa profesional, antara lain psikolog dari Yayasan Sahabat Kapas dan dosen-dosen dari Unsoed dengan kompetensi keahlian hukum, seni, dan olahraga," ucapnya.

Dari kedua tahapan tersebut, di wilayah Kabupaten Banyumas mendapatkan target sebanyak 60 penyintas usia anak di tahap pertama, dan 39 penyintas yang dilanjutkan ke tahap kedua. 

"Gambaran kondisi yang diperoleh dari kegiatan ini adalah korban kekerasan di Kabupaten Banyumas didominasi oleh perempuan, dengan jenis kekerasan paling banyak dilaporkan adalah kekerasan seksual," ujarnya.

Ia menjelaskan, setelah mengikuti dua kali kegiatan ini, para penyintas dan keluarganya menyatakan senang atas program dan kegiatan ini karena merasakan adanya dukungan dan perhatian, baik dari pemerintah maupun dari pelaksana program.

Pada bagian lain, sebagai penunjang proses reintegrasi sosial penyintas usia anak, yang sebagian besar merupakan anak usia sekolah, PRGA Unsoed dan Yayasan Sahabat Kapas juga melakukan penguatan komunitas. Diantaranya berupa peningkatan kapasitas Kader PKK se-Kabupaten Banyumas untuk penguatan lingkungan yang aman bagi penyintas, serta guru-guru di Kabupaten Banyumas sebagai upaya untuk membentuk sekolah sebagai rumah aman bagi penyintas usia anak.

"Sebagai puncak kegiatan, dilaksanakan Gelar Karya Anak Bangsa di mana para penyintas yang telah mengikuti rangkaian kegiatan ini secara lengkap, diberi kesempatan untuk menunjukkan minat, bakat, dan potensinya," tambahnya.

Selain itu juga dilakukan kegiatan channeling yaitu upaya pembentukan sinergitas antar stakeholderI agar tercipta layanan komprehensif dalam pemenuhan hak-hak anak tersebut.

Editor : Arbi Anugrah

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network