Diduga Penghuni Kos Idap Hoarding Disorder, Kamar Penuh Tumpukan Sampah Menggunung

VitrIanda Hilba Siregar
 Diduga seorang penghuni kos mengidap hoarding disorder hingga kamar dipenuhi sampah menggunung menjadi viral. Foto: akun TikTok @siskavizar

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id- Diduga seorang penghuni kos mengidap hoarding disorder hingga kamar dipenuhi sampah menggunung menjadi viral.

Sampah-sampah tersebut dibiarkan berserakan dan menumpuk hingga memenuhi seluruh ruangan.

Video yang diunggah oleh akun TikTok @siskavizar tersebut memperlihatkan kondisi kamar kos yang penuh dengan sampah bekas botol minuman, kardus, dan berbagai macam barang lainnya. Sang pengunggah menduga bahwa penghuni kamar tersebut mengidap hoarding disorder atau gangguan penimbunan barang.

"Mimpi buruk ibu kost!! Dapat penghuni hoarding disorder/malas disorder/mager disorder!!" tulis @siskavizar dalam keterangan videonya.

Penemuan tumpukan sampah ini berawal dari bau tidak sedap yang keluar dari kamar kos tersebut. Bau busuk tersebut bahkan masih tercium meskipun pintu kamar ditutup.

"Berawal kalau ketemu nih anak kost yg bau banget sampe bikin mual dan kg bau kamarnya sampe keluar biarpun dlm keadaan terkunci," tulis @siskavizar.

Merasa curiga, pemilik kos kemudian memutuskan untuk membuka paksa pintu kamar. Saat dibuka, mereka terkejut dengan pemandangan kamar yang penuh dengan sampah yang menumpuk hingga ke atap.

"Curiga banget akhirnya pas dia lg keluar kita buka kamarnya dan pas di buka, jreeenggg…. shake shack shock!!!" tulis @siskavizar.

Video viral ini pun menuai berbagai komentar dari netizen. Banyak yang merasa jijik dan kasihan dengan kondisi kamar kos tersebut.

Ada juga yang menduga bahwa penghuni kamar tersebut memang mengidap hoarding disorder, yaitu suatu gangguan mental di mana seseorang memiliki kesulitan untuk membuang barang-barang, meskipun barang tersebut sudah tidak terpakai.

"Itu d tempatin berapa bulan? tidur nya gimna aku liat sepre nge lipet dikit ajh ga betah apalgh ini," tulis @litaaa*** dalam komentarnya.

"Alhamdulillah.. anak2 kostku gak ada yg jorok, alias pembersih semua, Krn yg nyewa org kantoran semua.." tulis @rikanurmal***.

"Himbuan kpd semua ibu kost. Tolong meskipun setiap kamar itu privasi tp ibu kost berhak atau wajib ngecek satu persatu meskipun hnya sekedar hnya buka pintu lihat dlm nya aja udah cukup," tulis @afiq_afi***.

Kisah viral ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, terutama di tempat tinggal kita. Jika melihat ada tanda-tanda seseorang mengidap hoarding disorder, sebaiknya segera hubungi tenaga profesional untuk mendapatkan bantuan.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network