Resmi Groundbreaking, Begini Nanti Penampakan Wajah Baru Tugu Lilin

Elde Joyosemito
Begini nanti penampakan tugu lilin yang baru di Cilacap. (Foto: Istimewa)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id-Sebuah tugu di Kota Cilacap yang selama ini menjadi landmark keberadaan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap resmi dibangun kembali. 

Hal ini ditandai dengan Groundbreaking Renovasi Tugu Sakanti Dahana Patra, atau yang populer disebut Tugu Lilin, di simpang tiga Gumilir, Cilacap Utara, pada Senin (22/7/2024).

Groundbreaking tugu dilakukan oleh General Manager (GM) PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Edy Januari Utama, bersama Pj. Bupati Awaluddin Muuri, didampingi Pj. Sekda Sujito, Dandim 0703 Letkol (Inf) Andi Yuliazi, Danlanal Kolonel Laut (P) Robby Edevaldo, Kasat Obvitnas Polresta Kompol Ridju Risdianto, dan imam Masjid Agung Darussalam Cilacap KH Muslihun Azhari.

GM Edy Januari Utama menjelaskan bahwa Tugu Sakanti Dahana Patra adalah ikon penting yang menunjukkan keberadaan PT KPI RU IV sebagai kilang terbesar di Indonesia. "Desain awal tugu yang diresmikan pada 1993 menjadi penanda Kilang Cilacap. Kobaran api di puncak tugu melambangkan semangat dan energi, simbol tugas kilang sebagai penyedia energi terbaik untuk negeri, ditambah dengan relief konfigurasi kilang di bagian pondasi," jelasnya.

Tidak hanya menjadi penanda Kilang Cilacap, tugu ini juga menjadi salah satu ikon yang menandai masuknya wilayah perkotaan Cilacap. "Mengingat usianya yang sudah lebih dari tiga dekade, melalui proses perencanaan berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten dan Forkopimda setempat, terwujudlah groundbreaking tugu dengan desain baru hari ini," tambah Edy.

Diharapkan kehadiran wajah baru 'Tugu Lilin' ini semakin memantapkan ikon Cilacap sekaligus PT KPI RU IV. "Inilah wujud kolaborasi PT KPI dengan Pemkab Cilacap dan masyarakat. Mari kita jaga bersama tugu kebanggaan ini," ucap Edy.

Editor : EldeJoyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network