Coklit di Banyumas Selesai 100 Persen, KPU: Ada 18.842 Pemilih Baru!

Arbi Anugrah
Coklit di Banyumas Selesai 100 Persen, KPU: Ada 18.842 Pemilih Baru. Foto: KPU Banyumas

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id – Kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih di Kabupaten Banyumas sejak 24 Juni hingga 24 Juli 2024 telah selesai 100 persen. Capaian data tercoklit ini tidak lepas dari kinerja para petugas Pantarlih serta koordinasi PPK di Kecamatan dan PPS di Desa/Kelurahan hingga kesediaan masyarakat untuk didata.

“Alhamdulillah, kegiatan coklit telah selesai. Kami ucapkan terimakasih kepada para petugas pantarlih dan masyarakat Banyumas. Kami bisa mencapai 100 persen semua data tercoklit,” kata anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Yasum Surya Mentari, Rabu (24/7/2024).

Menurut dia, dari hasil coklit meningkat menjadi 1.415.842 pemilih, angka ini lebih banyak dari jumlah Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) yang diterima oleh KPU Banyumas. Di mana data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Banyumas yakni sebanyak 1.397.100 orang. 

“Jadi ada 18.842 pemilih baru. Namun, data ini bukanlah pemilih aktif, tapi hasil coklit yang masih akan diolah untuk ditetapkan di pleno PPS dan Daftar Pemilih Sementara (DPS), yang mana proses olah data tersebut salah satunya merupakan pengecekan data ganda,” kata Yasum yang juga membawahi Divisi Perencanaan, Data dan Informasi.

Sebagai informasi, kegiatan coklit di Kabupaten Banyumas sendiri melibatkan sebanyak 5.195 petugas Pantarlih. Jumlah tersebut diantaranya terdiri dari 1.758 Pantarlih laki-laki dan 3.437 Pantarlih perempuan. 

Editor : Arbi Anugrah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network