Besok, Festival Kambing 2024 Digelar di Lapangan Desa Lumbir

Arbi Anugrah
Ilustrasi Festival Kambing. Foto: Dok iNews.id

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Festival Kambing 2024 bakal digelar oleh Pemerintah Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas Kamis (8/8) besok. Acara yang tersebut digelar di Lapangan Desa Lumbir untuk mewujudkan “branding” Kecamatan Lumbir sebagai Sentra Peternakan Kambing di Kabupaten Banyumas.

Camat Lumbir, Susanti Tri Pamuji mengatakan jika Pemerintah Kecamatan Lumbir bersama Pemerintah Desa hingga kini terus melakukan berbagai upaya yang berorientasi pada peningkatan perekonomian, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Diantaranya melalui Program Ketahanan Pangan Hewani melalui pemberian hibah hewan ternak kambing kepada masyarakat atau kelompok ternak melalui Anggaran APBDes di masing-masing desa. 

“Festival Kambing ini sebagai evaluasi dan akan menumbuhkan semangat serta motivasi masayarakat peternak kambing dalam menungkatkan budidaya dan pembibitan kambing khususnya jenis Peranakan Etawa (PE) dan Jawa yang bermutu dan meningkatkan iklim berusaha dalam dunia peternakan dengan memanfaatkan bibit unggul,” katanya Rabu (7/8/2024).

Santi menjelaskan jika Festival Kambing yang digelar besok akan menampilkan Kontes Kambing jenis Peranakan Etawa dan Jawa dengan target peserta minimal 200 - 400 kambing.

“Kriteria kambing yang mengikuti festival antara lain anakan (calon pejantan PE dan Jawa tinggi badang dibawah 65 cm. Calon penjantan tinggi badan 66-80 cm. Pejantan dengan tinggi badan diatas 81 cm. Demikian juga ukuran untuk anakan, calon betina dan kambing betina (indukan),” lanjutnya.

Kegiatan ini sendiri terbuka bagi seluruh peternak kambing se Kecamatan Lumbir. Kegiatan ini juga untuk meramaikan Festival Kambing 2024, dan Bazar UMKM serta Pelayanan Mall Pelayanan Publik (MPP) Keliling.

“Pada kegiatan ini juga kami rangkai dengan Bazar UMKM, agar pelaku UMKM bergerak untuk mempromosikan dan memasarkan produk mereka. Serta masyarakat yang membutuhkan berbagai pelayanan publik dapat dapat berkunjung di Mall Pelayanan Publik Keliling,” katanya.

Sementara menurut Mantan Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho (49), menyatakan kesiapannya untuk ikut terlibat dalam festival tersebut. Pihaknya bahkan telah menyiapkan seeskor kambing jantan perankan etawa (PE).

"Saya sudah menyiapkan seekor kambing pejantan peranakan etawa untuk festival kambing besok," ujarnya.

Editor : Arbi Anugrah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network