get app
inews
Aa Read Next : Besok, Festival Kambing 2024 Digelar di Lapangan Desa Lumbir

Begini Serunya Festival Kambing 2024 di Kecamatan Lumbir, 400 Ekor Ikut Kontes

Jum'at, 09 Agustus 2024 | 09:23 WIB
header img
Festival Kambing 2024 yang digelar oleh Pemerintah Kecamatan Lumbir di lapangan Desa Lumbir, Kabupaten Banyumas berhasil menarik perhatian. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Festival Kambing 2024 yang digelar oleh Pemerintah Kecamatan Lumbir di lapangan Desa Lumbir, Kabupaten Banyumas pada Kamis (8/8/2024) berhasil menarik perhatian para peternak dan pedagang kambing.

Festival ini diikuti oleh lebih dari 400 kambing yang berpartisipasi dalam berbagai kontes yang diadakan. Acara ini merupakan upaya branding untuk menjadikan Kecamatan Lumbir sebagai pusat peternakan kambing di Kabupaten Banyumas.

Camat Lumbir, Susanti Tri Pamuji, mengungkapkan bahwa Festival Kambing 2024 sengaja digelar sebagai bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia.

"Pada peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia tahun ini, saya sengaja mengemas acara di Lumbir dengan cara yang berbeda, salah satunya melalui Festival Kambing Kecamatan Lumbir 2024," ujarnya.

Kegiatan ini juga menjadi bentuk apresiasi kepada para peternak kambing di wilayah Kecamatan Lumbir.

Dengan adanya festival ini, diharapkan dapat menumbuhkan semangat dan motivasi para peternak kambing dalam upaya meningkatkan usaha budidaya dan pembibitan kambing, terutama jenis kambing peranakan etawa (PE) dan kambing Jawa yang berkualitas, serta meningkatkan iklim usaha di sektor peternakan dengan memanfaatkan bibit unggul.

"Selain itu, festival ini juga sebagai bukti pertanggungjawaban Pemerintah Desa di wilayah Kecamatan Lumbir atas pemberian hibah kambing kepada para peternak atau kelompok ternak yang didanai oleh dana desa. Ini juga merupakan bagian dari program ketahanan pangan hewani yang telah dijalankan selama ini. Festival ini juga menjadi sarana evaluasi sejauh mana masyarakat atau kelompok ternak dapat mengelola ternak kambing, khususnya yang merupakan hibah dari pemerintah desa atau bantuan hibah dari instansi lain seperti Baznas Kabupaten Banyumas," jelas Susanti.

Dalam Festival Kambing tersebut, setiap desa di Kecamatan Lumbir diwajibkan untuk mengirimkan minimal 20 ekor kambing untuk dikonteskan. Namun, jumlah peserta yang datang ternyata jauh melebihi perkiraan panitia.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut