Olahraga Langkah Dansa Makin Diminati Warga Purwokerto, Sehat dan Happy Sambut Kemerdekaan RI

Arbi Anugrah
Klinik Utama Victory Health Care bersama anggota Ikatan Langkah Dansa Indonesia (ILDI) Kabupaten Banyumas menggelar olahraga Langkah Dansa bertema Kemerdekaan. Foto: iNewsPurwokerto.id

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Olahraga Langkah Dansa (Line Dance) semakin diminati masyarakat Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Bahkan, menjelang HUT RI ke 79, Klinik Utama Victory Health Care bersama anggota Ikatan Langkah Dansa Indonesia (ILDI) Kabupaten Banyumas menggelar olahraga Langkah Dansa bertema Kemerdekaan di Andang Pangrenan Purwokerto, Rabu (14/8/2024).

"Acara ini dalam rangka menyambut ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79, di sini Klinik Utama Victoria Health Care memang sebenarnya itu rutin mengadakan kayak line dance atau olahraga dansa bersama dengan ibu-ibu," kata drg. Victoria Dewanti Arfiana Sp.Ort kepada wartawan.

Menurut drg. Victoria, Olahraga Langkah Dansa bertema Kemerdekaan ini sendiri diikuti sejumlah wanita dengan diiringi lagu, di mana setiap lagu tersebut memiliki gerakan tersendiri yang step by step-nya ada tipe gerakannya sendiri. Ia mengungkapkan jika olahraga Langkah Dansa ini sendiri sangat baik bagi kesehatan, bahkan olahraga ini membuat setiap orang semakin happy menjalankan aktivitas sehari-hari.

"Jadi kenapa kita rutin mengadakan line dance di sini, karena memang selain kita dapat sehatnya, kita juga dapat happy-nya. Karena kalau kita happy dari pagi, pasti seharian kita untuk menjalin hari-hari semakin lebih semangat juga," ucapnya.

Ia menjelaskan jika gerakan dalam Langkah Dansa ini bukan merupakan gerakan yang sulit. Bahkan mulai dari remaja hingga ibu-ibu berusia 30 tahun ke atas dapat mengikuti gerakannya.

"Untuk kesehatan yang pasti jadi happy, karena ini tidak hanya gerakan biasa, tetap gerak olahraga, jadi pasti ngeluarin keringat, walaupun keliatanya gampang, Tapi tetap mengeluarkan keringat," ucapnya.

Sementara menurut Ketua ILDI Banyumas, Gathi Artiningrum Purwandani mengatakan jika rata-rata peserta yang mengikuti olahraga Langkah Dansa bertema Kemerdekaan ini merupakan sebagian dari anggota ILDI Banyumas yang saat ini telah berjumlah sekitar 700 an orang.

"Kalau dulu istilahnya Line Dance, itu sebetulnya sudah lama di Banyumas, tapi kalau ILDI itu organisasinya. Di sini komunitas line dance banyak, tetapi untuk ILDI sendiri, kita baru lahir tanggal 5 Maret 2022," ujarnya.

Ia menyebut jika anggota organisasi ILDI bukan hanya dapat diikuti kalangan usia 40 tahun ke atas saja, tetapi olahraga Langkah Dansa ini dapat diikuti oleh berbagai kalangan usia, baik laki-laki maupun perempuan. Sebab manfaat dari olahraga ini salah satunya membuat happy dan melatih daya ingat.

"Sebetulnya (olahraga Langkah Dansa) segala usia, cuma kebanyakan antara umur 40 an, karena kita memilih olahraga itu olahraga yang happy, terus melatih daya ingat," jelasnya.

Salah satu peserta Langkah Dansa, Titi Nur Fitri (66) mengatakan jika dirinya mendapatkan banyak manfaat dengan mengikuti olahraga ini. Selain gerakkannya tidak sulit, ia juga merasakan lebih sehat, dan juga mendapatkan banyak teman dari berbagai strata sosial.

"Manfaatnya yang jelas untuk diri saya menjadi lebih sehat, saya memang merasakan manfaat untuk diri saya saat ditest kesehatan. Saya juga jadi banyak teman, pergaulan jadi lebih luas dari segala macam tingkatan sosial," imbuhnya.

Editor : Arbi Anugrah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network