Ini Rangkaian Acara DCF 2024 yang Didukung BI Purwokerto

Elde Joyosemito
Rangkaian kegiatan Dieng Culture Festival 2024 telah dibuka secara resmi. (Foto: iNewsPurwokerto)

BANJARNEGARA, iNewsPurwokerto.id-Rangkaian kegiatan Dieng Culture Festival 2024 telah dibuka secara resmi oleh Sekretaris Kementerian Parekraf Ni Wayan Giri Adnyani.

Hadir juga Sekertaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno, Pj Bupati Banjarnegara Muhammad Masrofi, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Tengah Ndari Surjaningsih, serta Kepala Perwakilan BI Purwokerto Christoveny. 

DCF 2024 akan digelar mulai 23 Agustus 2024 hingga 25 Agustus 2024 mendatang. Dengan mengangkat tema Back to The Journey, Dieng Culture Festival 2024 akan membawa pengunjung untuk kembali menapak tilas dan memaknai perjalanan budaya serta perpaduan seni tradisi dan keindahan alam dataran tinggi Dieng yang khas. 

Rangkaian kegiatan Dieng Culture Festival 2024 antara lain, opening ceremony, QRIS Cultural Ceremony, kirab budaya dan pencukuran anak rambut gembel, Jazz Atas Awan, konkow budaya dan gebyar sholawat, pagelaran seni tradisi, Festival Domba, Festival Kopi Atas Awan Banjarnegara, dan pameran UMKM dengan produk makanan, minuman, kerajinan, dan fashion khas Banjarnegara. 

"Di tahun 2024, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto kembali menjadi bagian dari penyelengara Dieng Culture Festival 2024 yang masuk dalam Top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) 2024,"jelas Kepala Perwakilan BI Purwokerto. 

Sebagai bank sentral, Bank Indonesia mempunyai tujuan mencapai Stabilitas Nilai Rupiah, memelihara stabilitas Sistem Pembayaran, dan turut menjaga Stabilitas Sistem Keuangan dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 

Sejalan dengan tujuan tersebut, penyelenggaraan Dieng Culture Festival 2024 diyakini memiliki daya ungkit yang tinggi terhadap pengembangan ekonomi daerah. 

"Hal ini mengingat bahwa selain mengenalkan potensi wisata dan tradisi, Dieng Culture Festival 2024 juga melibatkan pelaku ekonomi kreatif dan UMKM untuk mempromosikan produk khas dataran tinggi Dieng,"katanya.

Untuk mendukung pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto memfasilitasi pameran atau showcasing UMKM pada kegiatan Dieng Culture Festival 2024 dengan mengikutsertakan 30 UMKM kopi (15 hulu dan 15 hilir) yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Indikasi Geografis (MPIG) dan 15 klaster UMKM produk makanan/minuman/craft/fashion yang merupakan UMKM binaan Bank Indonesia. 

Wisatawan dan masyarakat pengunjung Dieng Culture Festival 2024 dapat langsung berbelanja produk unggulan khas Banjarnegara yang tersedia di booth/tenant UMKM yang berada di area Panggung Pandawa maupun Panggung Arjuna.
 

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network