Daop 5 Purwokerto Dukung Suksesnya ARCEOs’ Conference ke-44 di Indonesia

Elde Joyosemito
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto siap mendukung suksesnya penyelenggaraan ASEAN Railway CEOs’ Conference (ARCEOs’ Conference) ke-44. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto siap mendukung suksesnya penyelenggaraan ASEAN Railway CEOs’ Conference (ARCEOs’ Conference) ke-44 yang diadakan di Bandung, Indonesia, pada 2-5 September 2024. 

Konferensi tersebut dihadiri delapan operator kereta api se-Asia Tenggara, yaitu Keretapi Tanah Melayu (Malaysia), Vietnam Railways (Vietnam), Ministry of Public Works and Transport (Kamboja), Lao National Railways (Laos), Philippine National Railways (Filipina), Myanma Railways (Myanmar), State Railway of Thailand (Thailand), dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) (Indonesia).

A"RCEO’s Conference tahun ini menjadi platform untuk berbagi praktik terbaik dalam operasi dan pemeliharaan, serta membahas transformasi digital dan aspek komersial perkeretaapian. Dengan mengusung tema "Driving Sustainability with Digital Innovation," konferensi ini akan fokus pada perkembangan perkeretaapian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, didukung oleh transformasi digital dalam aspek keselamatan dan pelayanan,"jelas Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih dalam keterangan tertulisnya.

Salah satu bentuk dukungan dari Daop 5 Purwokerto adalah dengan menayangkan video dan materi publikasi ARCEO di televisi-televisi stasiun yang berada di wilayah kerjanya.

"Selain dukungan dalam bentuk publikasi, KAI Daop 5 Purwokerto juga telah melakukan berbagai terobosan inovasi untuk meningkatkan layanan bagi pelanggan, sekaligus berkontribusi dalam pencapaian pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs),"ujarnya.

Di antaranya, untuk mendukung pendidikan berkualitas, KAI Daop 5 telah memberikan kacamata gratis bagi siswa SD serta perlengkapan sekolah bagi murid TK dan SD di sekitar Stasiun Karangsari melalui kegiatan Bakti Sosial Rail Clinic yang diselenggarakan pada Rabu, 28 Agustus 2024. 

KAI Daop 5 juga mendukung pengurangan sampah plastik dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai di kantor-kantor, depo, dan resor wilayah kerjanya, serta menyediakan dispenser air isi ulang di Stasiun Purwokerto dan Kutoarjo untuk digunakan oleh pekerja dan pelanggan.

Dalam hal pemanfaatan energi, KAI Daop 5 telah memasang panel surya di empat stasiun, yaitu Stasiun Purwokerto, Cilacap, Kutoarjo, dan Kroya. Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, KAI Daop 5 juga bekerjasama dengan pelaku UMKM Batik Banyumasan dalam acara Skybridge Fashion Walk dan Batik Fashion on The Station and Train yang diadakan pada Kamis, 29 Agustus 2024. 

"Selain itu, melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, KAI Daop 5 menyalurkan Program Bina Lingkungan kepada pelaku UMKM dan aktif dalam penanganan perubahan iklim melalui penerapan green operation serta partisipasi dalam Gerakan Sejuta Pohon setiap tahunnya dengan menanam berbagai jenis tanaman hias, perdu, dan buah-buahan di lingkungan kantor serta stasiun,"jelasnya.

Dalam hal Transformasi Digital, KAI Daop 5 telah menerapkan sistem boarding dengan e-boarding pass dan face recognition, serta menggunakan aplikasi Access by KAI yang dilengkapi dengan fitur-fitur pendukung seperti pemesanan, pembatalan tiket, perubahan jadwal, pemesanan makanan dan minuman, serta pelacakan kereta (loco track).

ARCEOs’ Conference ini diharapkan dapat menyamakan persepsi mengenai kereta api sebagai simbol konektivitas yang menggabungkan delapan negara untuk berkembang bersama, sekaligus mewujudkan pengelolaan kereta api sebagai solusi untuk ekosistem transportasi yang berkembang pesat, memperhatikan aspek SDGs, serta mengembangkan digitalisasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network