Lokovasia 2024, Jaring Generasi Muda Lestarikan Musik Tradisi Nusantara

Arbi Anugrah
Lokovasia 2024, Jaring Generasi Muda Lestarikan Musik Tradisi Nusantara. Foto: Dok Kemendikbudristek

Sedangkan menurut Ketua Panitia Lokovasia 2024, Setyawan Jayantoro menjelaskan jika program ini sebagai wadah identifikasi, mengembangkan, dan memfasilitasi tumbuhnya minat, bakat, dan kompetensi generasi muda dalam melestarikan dan mengembangkan musik tradisi Indonesia. Kegiatan ini juga dirancang sebagai ruang kolaborasi dan inovasi. 

Kemudian program ini merupakan sebuah arsip digital yang komprehensif sebagai referensi bagi penelitian, pendidikan, dan pengembangan musik tradisi di masa depan. Bahkan, menjadi katalisator dalam memproduksi dan menstimulus karya-karya musik tradisi baru yang inovatif. 

Pergelaran Lokovasia 2024 menghadirkan peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang terpilih dan lolos seleksi, termasuk sejumlah komposer maupun peneliti musik. Sebaran peserta Lokovasia 2024 tercatat lebih banyak dari tahun lalu yaitu 118 grup, 87 komponis, 35 peneliti, dan 71 musisi.

"Mulai 1- 5 September para peserta mengikuti serangkaian kegiatan elaborasi bersama para ahli musik ternama untuk berdiskusi, berkolaborasi, dan saling belajar menggali potensi diri dan mengembangkan karyanya," ujarnya.

Selanjutnya, pada 3- 6 September akan diadakan masterclass eksklusif bersama sederet mentor dunia guna berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Hasil seluruh proses kreatif akan dipamerkan pada 6-7 September dalam ajang khusus bagi para peserta untuk menampilkan hasil karyanya ke publik. Lokovasia 2024 diharapkan dapat memberikan andil yang signifikan terhadap pelestarian dan pengembangan musik tradisi Indonesia.

Editor : Arbi Anugrah

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network