Mahasiswa Unsoed Ciptakan Permainan Cegah Stunting, Raih Medali Emas Kompetisi Internasional

Arbi Anugrah
Mahasiswa Unsoed Ciptakan Permainan Cegah Stunting, Raih Medali Emas Kompetisi Internasional. Foto: Dok Unsoed

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto berhasil mendapatkan medali emas dalam kompetisi International Science Project Competition (ISPC).

Tim yang terdiri dari Reza Nur A’idah, Faiza Tsurayya dan Tuhfa Raziya Ahmad ini berhasil meraih medali emas dalam kategori “Innovative Science” yang diadakan di Universitas Muhamadiyah Malang (UMM Malang) pada tanggal 30 Agustus-2 September 2024 lalu.

Penghargaan Karya Inovasi berupa IYSA/Indonesian Young Scientist Association Grand Prize juga mereka dapatkan. Dalam kompetisi tersebut dengan menciptakan inovasi yang berjudul 'MRAK: Empower Calon Pengantin (Catin) through Ladder and Slider Education Game as Stunting Prevention in Indonesia'.

Inovasi ini berupa permainan edukatif ular tangga yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan remaja dalam pencegahan stunting. Penampilan inovasi yang mereka sajikan mampu memukau dewan juri saat pameran inovasi dan proses tanya jawab.

“Inovasi ini diciptakan menggunakan permainan papan tradisional untuk mengedukasi khususnya remaja atau calon pengantin (calon pengantin/catin) tentang stunting dan gaya hidup sehat," kata Reza Nur A’idah dalam keterangannya, Jumat (6/9/2024).

Menurut dia, permainan ini sendiri menggabungkan unsur-unsur permainan ular tangga 'ladder and slider' klasik yang menyediakan cara yang interaktif dan menyenangkan. Permainan ini untuk mempelajari tentang pencegahan stunting dan kebiasaan hidup sehat.

Editor : Arbi Anugrah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network