Monyet Putih Muncul di Pura Selonding Badung Bali, Pertanda Baik?

Tim iNews
Penampakan monyet putih

BADUNG, iNews.id – Ada yang mengejutkan di sekitar Pura Selonding, Desa Adat Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali pada Sabtu (7/8/2021). Pasalnya, ada sosok monyet putih atau albino atau yang lebih dikenal dalam pewayangan sebagai Hanoman muncul.

Bagi warga setempat, diyakini bahwa fenomena tersebut sebagai pertanda baik. Sebab monyet putih ini tidak sembarang waktu menampakkan diri kecuali pada saat-saat tertentu.

Dengan kemunculan monyet putih itu, Pengempon Ida Betara Luhur Uluwatu bersama Bendesa Adat Pecatu segera menggelar persembahyangan memohon keselamatan di Pura Selonding yang letaknya berada di dalam goa. Jelang persembahyangan monyet putih tersebut tiba-tiba menampakkan dirinya di sekitar areal pura dan kerap berpindah-pindah hingga menaiki gapura.

Namun ketika Pengempon Pura Luhur Uluwatu dan Bendesa Adat Pecatu tiba hewan tersebut tak terlihat sama sekali. "Saya meyakini kemunculan ini sebagai pertanda baik serta berharap pandemi segera berakhir sehingga sektor pariwisata kembali menggeliat untuk membangkitkan kembali perekonomian Bali," kata Pengempon Pura Luhur Uluwatu I Gusti Ngurah Jaka Pratidnya, Sabtu (7/8/2021).

Sementara Bendesa Adat Pecatu, I Made Sumerta, mengakui fenomena munculnya monyet putih sangat jarang dapat dijumpai. Dia menyaksikan kemuculannya sekitar 8 atau 10 tahun lalu. "Baru dua kali bisa melihat secara langsung monyet putih tersebut yaitu sekitar 8 atau 10 tahun lalu dan saat melaksanakan persembahyangan bersama kali ini," ujar I Made Sumerta.

Dalam pewayangan monyet putih biasanya dikenal dengan sebutan hanoman. Selain itu di Bali monyet putih ini dianggap sakral dan penuh misteri sehingga kemunculannya untuk menampakan diri dianggap membawa pesan tertentu.

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network