Diduga Konsleting Listrik, 2 Mobil Terbakar Hebat di SPBU Banyumas

Arbi Anugrah
Diduga Konsleting Listrik, 2 Mobil Terbakar Hebat di SPBU Banyumas. Foto: Istimewa

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Dua unit mobil terbakar hebat di sebuah Stasiun Pengisian Bahkan Bakar Umum (SPBU) di Desa Piasa Kulon, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas, Kamis (19/9/2024). Kejadian sekitar pukul 10.30 WIB tersebut diduga akibat konsleting listrik yang dialami sebuah mobil Suzuki Carry usai mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Menurut keterangan pegawai SPBU, sekitar pukul 10.30 WIB, mobil Carry isi BBM mengalami konsleting. Saat mobil mau jalan, begitu di starter bunyi suara jebodd, seketika mobil memercikan api dan menyala dari tengki BBM," kata Kepala UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Banyumas Andaru Budilaksono mengatakan dalam laporannya kepada wartawan, Kamis.


Petugas Damkar memadamkan api yang membakar dua mobil di SPBU Banyumas. Foto: Dok Damkar Banyumas.

 

Andaru menjelaskan, jika petugas SPBU langsung berusaha mendorong mobil yang tengah terbakar tersebut menjauh dari area SPBU. Sementara petugas lain langsung berupaya mengambil APAR (alat pemadam api ringan) untuk memadamkan api.

"Mobil didorong menjauhi SPBU. Petugas lain mengambil APAR untuk memadamkan mobil. Akan tetapi mobil menyala hebat, lalu menyambar mobil Kijang milik Sunani yang terparkir disebelahnya," jelasnya.

Karena api yang semakin membesar dan tidak dapat dikendalikan, petugas SPBU kemudian menghubungi Pos Damkar Kemranjen, Banyumas sekitar pukul 10.55 WIB. 

"Setelah mendapatkan informasi, unit truck pemadam kebakaran Pos Kemranjen langsung meluncur ke TKP untuk melakukan pemadaman," ucapnya.

Api baru bisa dikendalikan sekitar pukul 12.50 WIB setelah lima unit mobil pemadam kebakaran dari Kemranjen, Banyumas dan Banjarnegara diturunkan ke lokasi Kebakaran.

Menurut dia, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran di SPBU tersebut, namun sopir mobil Suzuki Carry kabur usai kebakaran dipadamkan. Sementara kerugian akibat kebakaran ini ditaksir sekitar Rp120 juta.

Editor : Arbi Anugrah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network