Antisipasi Musim Penghujan, Ini Langkah Daop 5 Purwokerto Pastikan Keselamatan Perjalanan KA

Arbi Anugrah
Antisipasi Musim Penghujan, Ini Langkah Daop 5 Purwokerto Pastikan Keselamatan Perjalanan KA. Foto: Dok Daop 5 Purwokerto

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Memasuki musim penghujan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto menyiapkan sejumlah langkah agar perjalanan Kereta Api tetap aman, lancar dan terkendali. Langkah tersebut diantaranya dengan memastikan kondisi jalur dan komponen jalur kereta api aman.

“Memasuki musim penghujan, Daop 5 Purwokerto telah melakukan sejumlah pemeriksaan lintas untuk memastikan kondisi jalur KA," kata Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih dalam keterangannya, Kamis (3/1/2024).

Menurut Feni, Vice President Daop 5 Purwokerto Gun Gun Nugraha bahkan memimpin langsung saat melakukan inspeksi di Bumiayu dan Prupuk, Rabu (2/10) kemarin. Inspeksi ini untuk memastikan kondisi drainase dan komponen jalur KA aman memasuki musim penghujan.

Selain itu, Daop 5 Purwokerto juga telah melakukan serangkaian upaya untuk memastikan jalur Kereta Api tetap aman dengan melakukan normalisasi saluran tebing atau gunung. Kemudian melakukan normalisasi saluran bawah seperti sipon-sipon, pembuatan saluran dengan pemasangan batu kali, penopingan pohon di sepanjang jalur KA yang berpotensi tumbang.

Bahkan, lanjut Feni dilakukan pula koordinasi dengan desa-desa setempat agar sampah jangan sampai masuk dalam aliran air dari sawah warga yang menuju ke jalur Kereta Api. Termasuk melakukan koordinasi dengan warga agar tidak menanam palawija di pinggir tebing yang berada di sekitar jalur kereta api guna menjaga kondisi kontur tanah.

"Pemeriksaan dan pengawasan untuk memastikan area yang memerlukan perhatian khusus tetap aman, dengan menempatkan petugas untuk melakukan pemantauan secara intensif 24 jam, guna memastikan keselamatan perjalanan Kereta Api," ucapnya.

Langkah antisipasi lainnya adalah, Daop 5 Purwokerto telah menyiapkan alat material untuk siaga (AMUS) di sejumlah titik yang dapat menjangkau lokasi jika terjadi hambatan perjalanan kereta api akibat cuaca ekstrim. Adapun AMUS yang telah disiapkan tersebut terdiri dari bantalan rel, batu balas, pasir, karung, besi (untuk jembatan), alat penambat rel dan alat siaga lainnya.

"Kami berkomitmen dan berupaya semaksimal mungkin untuk senantiasa mewujudkan perjalanan kereta api yang selamat, aman, dan nyaman bagi seluruh pelanggan kami,” pungkasnya.

Editor : Arbi Anugrah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network