Roots Day Nasional 2024, Ciptakan 173.240 Agen Perubahan Cegah Perundungan di Sekolah

Arbi Anugrah
Roots Day Nasional 2024, Ciptakan 173.240 Agen Perubahan Cegah Perundungan di Sekolah. Foto: Dok Kemendikbudristek

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Kemendikbudristek menggelar Roots Day Nasional 2024 dalam rangkaian Pekan Untuk Sahabat Karakter (PUSAKA) 2024 di Gedung Kemendikbudristek, Jakarta, Senin (7/10/2024). Program yang fokus pada upaya pencegahan perundungan di sekolah ini telah menciptakan 173.240 agen perubahan.

Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Hubungan Kelembagaan dan Masyarakat, Muhammad Adlin Sila mengungkapkan pentingnya langkah konkret untuk mengatasi perundungan yang masih sering terjadi di sekolah dan di berbagai lingkungan pendidikan.

"Program Roots tidak hanya memberikan pelatihan kepada guru untuk mencegah perundungan, tetapi juga telah memberdayakan 173.240 agen perubahan di kalangan siswa untuk turut berperan aktif. Survei U-Report pada tahun 2022 menunjukkan bahwa 42 persen peserta didik merasakan dampak positif dari program ini, dan 32 persen melaporkan penurunan kasus perundungan di sekolah mereka," kata Adlin dalam keterangannya, Senin.

Adlin juga menggarisbawahi pentingnya kerja sama antar berbagai pihak untuk menjamin keberlanjutan dan perkembangan program ini. Program Pencegahan Perundungan Roots Indonesia, yang telah berjalan sejak tahun 2021, merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta UNICEF. Sampai saat ini, program ini telah berhasil menjangkau 33.777 satuan pendidikan di 509 kabupaten/kota di 38 provinsi di Indonesia.

“Kita harus terus berupaya. Meski banyak sekolah sudah mengalami perubahan positif, masih ada tantangan yang harus dihadapi untuk memastikan setiap anak dapat belajar di lingkungan yang aman dan bebas dari kekerasan,” urai Adlin.

Editor : Aryo Arbi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network