Tahan Imbang Australia, Timnas U-17 Lolos ke Piala Asia 2025

Ramadani Bur
Timnas Indonesia U-17 berada di posisi ketiga dengan empat poin. (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id-Berikut ini adalah daftar 16 negara yang berhasil lolos ke Piala Asia U-17 2025. Mereka adalah Korea Utara sebagai juara Grup A, Afghanistan (juara Grup B), Korea Selatan (juara Grup C), China (runner-up Grup C), Thailand (juara Grup D), Uzbekistan (juara Grup E), Irak (runner-up Grup E), Jepang (juara Grup F), Australia (juara Grup G), Indonesia (runner-up Grup G), UEA (juara Grup H), Yaman (juara Grup I), Vietnam (runner-up Grup I), Tajikistan (juara Grup J), Oman (runner-up Grup J), dan Arab Saudi sebagai tuan rumah.

Sesuai aturan, selain 10 juara grup, terdapat lima runner-up terbaik yang berhak melaju ke Piala Asia U-17 2025 yang akan digelar di Arab Saudi pada 3-20 April 2025. Penentuan lima runner-up terbaik ini didasarkan pada poin yang diraih di masing-masing grup.

Dalam penghitungan klasemen runner-up terbaik, hanya hasil pertandingan melawan tim peringkat satu dan tiga yang diperhitungkan. Alhasil, Timnas Indonesia U-17 mengumpulkan empat poin dari hasil imbang melawan Australia U-17 (peringkat satu) dan kemenangan atas Kuwait U-17 (peringkat tiga).

Pada klasemen akhir runner-up terbaik, Timnas Indonesia U-17 berada di posisi ketiga dengan empat poin dan selisih gol +1, hanya kalah dari China U-17 (Grup C) dan Vietnam U-17 (Grup I).

China dan Vietnam sama-sama meraih empat poin, namun mereka berada di posisi lebih baik karena unggul dalam selisih gol, yaitu +3 dan +2 dibandingkan +1 milik Timnas Indonesia U-17.

Bagi Timnas Indonesia U-17, ini adalah partisipasi keenam mereka di Piala Asia U-17, dengan pencapaian terbaik finis di posisi keempat pada Piala Asia U-16 1990.

Jika ingin mencapai prestasi lebih tinggi di Piala Asia U-17 2025, Timnas Indonesia U-17 perlu berlatih lebih keras. Apalagi, jika berhasil mencapai perempat final, mereka akan mendapatkan tiket ke Piala Dunia U-17 2025.

Menarik untuk menanti apakah pelatih Timnas Indonesia U-17, Nova Arianto, akan mempertimbangkan pemain diaspora tambahan untuk memperkuat performa skuad Garuda Asia.

Berikut adalah daftar lengkap 16 negara yang lolos ke Piala Asia U-17 2025:

Korea Utara (juara Grup A)
Afghanistan (juara Grup B)
Korea Selatan (juara Grup C)
China (runner-up Grup C)
Thailand (juara Grup D)
Uzbekistan (juara Grup E)
Irak (runner-up Grup E)
Jepang (juara Grup F)
Australia (juara Grup G)
Indonesia (runner-up Grup G)
UEA (juara Grup H)
Yaman (juara Grup I)
Vietnam (runner-up Grup I)
Tajikistan (juara Grup J)
Oman (runner-up Grup J)
Arab Saudi (Tuan Rumah)

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network