4 Jenderal Rusia yang Tewas di Ukraina Pukulan Berat Bagi Putin, Ini Nama-namanya

Susi Susanti
Presiden Ukraina

UKRAINA, iNews.id – Ukraina mengklaim bahwa peperangan melawan Rusia telah menewaskan empat jenderal. Media-media barat menyebut, kematian para jenderal tersebut membuat pukulan telak bagi Presiden Rusia Vladimir Putin.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan jenderal keempat Rusia telah tewas dalam perang antara Rusia-Ukraina. 

Siapa saja jenderal yang tewas dalam pertempuran dengan Ukraina. Berikut catataan yang dikutip dari MPI. 

Pertama, Oleg Mityaev. 

Mayor Jenderal Oleg Mityaev dilaporkan tewas di suatu tempat dekat kota Mariupol, sebuah kota di tenggara Ukraina yang telah menyaksikan beberapa pertempuran terberat sejauh ini. Batalyon Azov sayap kanan, mengklaim telah membunuhnya.
Dia adalah komandan divisi senapan bermotor ke-150 tentara Rusia, unit yang relatif baru dibentuk pada tahun 2016, dan berbasis di wilayah Rostov dekat perbatasan Ukraina.

Ukraina mengklaim bahwa unit itu dibuat untuk mengambil bagian dalam konflik di wilayah yang dikuasai separatis di Ukraina timur, meskipun Rusia menyangkal bahwa militernya terlibat dalam pertempuran di sana.

Kedua, Andrei Kolesnikov

Menurut sumber resmi Ukraina Mayor Jenderal Andrei Kolesnikov, dari tentara gabungan ke-29, tewas dalam pertempuran pada 11 Maret. Informasi tentang kematiannya tidak diberikan.

Setelah Kolesnikov menjadi jenderal Rusia ketiga yang dilaporkan tewas di Ukraina, seorang pejabat barat mengatakan kepada Press Association bahwa tentara Rusia mungkin mengalami semangat  yang rendah. Itulah sebabnya perwira militer berpangkat tinggi bergerak lebih dekat ke garis depan.

Ketiga, Vitaly Gerasimov

Menurut kementerian pertahanan Ukraina mengatakan Mayor Jenderal Vitaly Gerasimov, kepala staf tentara gabungan ke-41 Rusia, tewas pada 7 Maret di luar kota timur Kharkiv. Kharkiv, yang dekat dengan perbatasan Rusia, mendapat serangan berkelanjutan dari pasukan Rusia.

Militer Ukraina merilis rekaman dari apa yang dikatakan dua pejabat dinas keamanan Rusia yang membahas kematian Gerasimov, dan mengeluh bahwa jaringan komunikasi aman mereka tidak lagi berfungsi di Ukraina. Gerasimov terlibat dalam perang Chechnya kedua, operasi militer Rusia di Suriah, dan dalam pencaplokan Krimea oleh Rusia pada 2014.

Keempat, Andrey Sukhovetsky

Mayor Jenderal Andrey Sukhovetsky, seorang wakil komandan di unit yang sama dengan Gerasimov, dilaporkan tewas oleh penembak jitu pada 3 Maret lalu. Seperti Gerasimov, Sukhovetsky adalah bagian dari operasi militer Rusia di Krimea dan di Suriah. Berbeda dengan jenderal lainnya, kematian Sukhovetsky dilaporkan di media Rusia dan Presiden Rusia Vladimir Putin mengkonfirmasi dalam pidatonya bahwa seorang jenderal telah meninggal di Ukraina.

 

 

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network