PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id –Dalam upaya menghadapi tantangan ketenagakerjaan di era digital serta memperkuat daya saing ekonomi lokal, PT Etos Kreatif Indonesia (Ethos) bersama Pemerintah Kabupaten Banyumas secara resmi meluncurkan program Ethos Digital Marketing Bootcamp dengan tema "Satu Visi Menuju Digitalisasi".
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa (27/5/2025) di Auditorium Ethos Digital Valley, Purwokerto, dan dihadiri oleh lebih dari 150 peserta yang terdiri dari pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta pelajar SMK dari seluruh wilayah Kabupaten Banyumas.
Program pelatihan ini disusun untuk dilaksanakan selama satu bulan dengan pendekatan yang praktis dan aplikatif, mengusung kurikulum digital marketing yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Fokus utama dari pelatihan ini adalah untuk membekali peserta dengan keterampilan yang relevan, sehingga mereka dapat menghadapi disrupsi di pasar tenaga kerja akibat percepatan digitalisasi.
"Saya kaget Ethos punya kantor di sini, saya masuk di sini saya kira kafe, tapi ternyata ini kantor digital marketing dan pusatnya ada di sini, di Banyumas. Ethos itu luar biasa mengadakan pelatihan-pelatihan gratis kepada UMKM-UMKM supaya mereka bisa berjualan secara online," kata Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono, kepada wartawan.
Menurut Sadewo, saat ini eranya sudah berubah dan ia memberikan apresiasi kepada PT Etos Kreatif Indonesia (Ethos) atas kolaborasi strategis ini. Ia mengungkapkan jika digitalisasi merupakan fondasi utama dalam memperkuat ketahanan UMKM dan menciptakan peluang ekonomi baru, khususnya bagi generasi muda.
"Kami berharap program ini menjadi awal dari peningkatan kapasitas SDM lokal yang adaptif terhadap perkembangan zaman,” jelasnya.
Lebih jauh Sadewo juga meminta kepada Ethos untuk dapat memberikan pelatihan digital marketing kepada para pedagang pakaian di pasar-pasar yang ada di Kabupaten Banyumas. Sebab, menurut dia, banyaknya penjualan melalui online, menyebabkan pedagang pakaian di pasar makin sepi pembeli.
"Saya minta tolong ke Ethos koordinasi, kolaborasi dengan Dinakerkopukm dan Disperindag. Ada data pasar-pasar di seluruh kabupaten Banyumas yang pedagang-pedagang, terutama pedagang pakaian, mereka itu memang tidak laku, karena kalah dengan jualan online. Nanti datanya akan kami berikan kepada Ethos. Nanti mereka supaya dilatih untuk berjualan online," ucapnya.
Selain itu, kedepannya ia juga berencana untuk bisa berdiskusi langsung dengan Komisaris Utama PT Etos Kreatif Indonesia, Mukit Hendrayatno untuk meningkatkan UMKM yang ada di Kabupaten Banyumas. "Saya yakin UMKM Banyumas akan berkembang dengan adanya ethos yang ada di Kabupaten Banyumas. Apapun yang dibutuhkan Ethos akan kita support," ucapnya.
Sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi Bupati Banyumas dalam memberdayakan UMKM di daerah Banyumas, Sadewo Tri Lastiono, dikukuhkan sebagai "Bapak UMKM Digital Marketing Banyumas 2025".
Editor : Arbi Anugrah
Artikel Terkait