JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus memperkuat upaya promosi pariwisata Indonesia di panggung internasional melalui kampanye "Wonderful Indonesia" yang kini hadir dalam bentuk media luar ruang di dua kota besar Eropa, yakni Berlin, Jerman dan Roma, Italia.
Menurut Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini, kampanye ini berlangsung mulai 1 hingga 31 Juli 2025 sebagai bagian dari strategi memperluas daya tarik wisata Indonesia di pasar Eropa.
“Kampanye Wonderful Indonesia menjadi langkah strategis untuk memperkuat promosi di seluruh Eropa. Program ini mendukung penciptaan pengalaman wisata yang mendalam, personal, dan otentik yang berakar pada budaya, alam, serta tradisi lokal,” ujar Ni Made dalam keterngannya di Jakarta, Jumat (11/7/2025).
Kampanye tahun ini menyoroti Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) serta konsep Regenerative Destination yang mengedepankan keberlanjutan. Beberapa destinasi yang dipromosikan meliputi Danau Toba di Sumatra Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Lombok-Mandalika di Nusa Tenggara Barat dan Bali.
Destinasi tersebut dipilih karena menampilkan kekayaan alam, warisan budaya, dan pengalaman unik yang menawarkan kenyamanan serta petualangan tak terlupakan yang ditawarkan Indonesia bagi wisatawan mancanegara.
"Kampanye ini juga menjadi cerminan komitmen kuat Indonesia terhadap pariwisata berkelanjutan dan pertumbuhan ekonomi inklusif, terutama di tengah pemulihan global dalam perjalanan selama musim liburan musim panas," kata Ni Made Ayu Marthini.
Promosi yang dilakukan Kementerian Pariwisata di Berlin akan ditampilkan melalui dua unit open great bus yang sepenuhnya dibalut Wonderful Indonesia dengan rute melewati destinasi utama, seperti Kurfürstendamm, Lützowplatz, Gendarmenmarkt, Alexanderplatz, KarlMarx Allee, East Side Gallery, East Side Gallery, Neptune Fountain, dan DomAquaree, Elefantentor.
Selain itu, terdapat satu unit digital screen di Kurfürstendamm, salah satu area perbelanjaan paling ikonik dan strategis di Berlin.
Sementara di Roma, promosi akan dilakukan dengan memanfaatkan dua unit open great bus yang juga dibalut penuh Wonderful Indonesia dengan rute destinasi ikonik kota Roma, seperti Stazione Termini, Santa Maria Maggiore, Colosseo, Circo Massimo, Piazza Venezia, Castel, Sant’Angelo, Via Vittorio Veneto, dan Piazza Barberini.
Pemasangan lainnya dilakukan pada satu unit digital maxi billboard di Piazza del Risorgimento, lokasi yang sangat strategis di dekat Vatikan dan pusat keramaian. Promosi juga akan hadir melalui satu unit digital billboard di Piazzale Flaminio, sebagai gerbang utama menuju pusat kota Roma.
“Kampanye ini mengirimkan pesan yang kuat bahwa Indonesia siap menyambut wisatawan dunia dengan pengalaman liburan yang aman, hangat, dan tak terlupakan,” tutup Ni Made Ayu Marthini.
Editor : Arbi Anugrah
Artikel Terkait