Alquran dan Sains Ungkap Fakta Nyamuk Miliki Zat Pembius hingga 6 Belalai dan Cakar

Biladi Muhammad Wiragana
Alquran dan sains membeberkan fakta tak terbantahkan bahwa nyamuk serangga kecil tersebut memiliki banyak keistimewaan yang diberikan oleh Allah Ta'ala.(Foto: Shutterstock)

ALQURAN dan sains membeberkan fakta tak terbantahkan bahwa nyamuk serangga kecil tersebut memiliki banyak keistimewaan yang diberikan oleh Allah Ta'ala.

Hal ini sekaligus menjadi bukti kebesaran kuasa Allah Subhanahu wa ta'ala. 

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

إِنَّ اللَّهَ لَا يَسْتَحْيِي أَنْ يَضْرِبَ مَثَلًا مَا بَعُوضَةً فَمَا فَوْقَهَا ۚ فَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا فَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّهِمْ ۖ وَأَمَّا الَّذِينَ كَفَرُوا فَيَقُولُونَ مَاذَا أَرَادَ اللَّهُ بِهَٰذَا مَثَلًا ۘ يُضِلُّ بِهِ كَثِيرًا وَيَهْدِي بِهِ كَثِيرًا ۚ وَمَا يُضِلُّ بِهِ إِلَّا الْفَاسِقِينَ

Artinya: "Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: 'Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?' Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik." (QS Al Baqarah: 26)

Meskipun hanya memiliki berat 2 hingga 5 miligram, nyamuk mampu memberikan dampak yang besar terhadap kesehatan manusia. Berikut ini fakta-fakta keberadaan hewan serangga nyamuk, sebagaimana dikutip dari unggahan akun Instagram @ilmubisnis.co, beberapa waktu lalu.

1. Hewan dengan jumlah 100 mata

Hewan kecil ini jika dilihat menggunakan alat mikroskop maka akan tertampak mata yang sangat luar biasa banyak, yakni mencapai 100 mata. Bahkan, gigi nyamuk juga berjumlah 47 unit.

2. Punya zat pembius untuk mangsanya

Siapa sangka, nyamuk memiliki zat pembius sementara untuk mangsanya, terutama manusia. Sehingga ketika nyamuk hinggap dan menggigit, tidak langsung terasa pada kulit. Zat pembius ini bersifat sementara, jadi beberapa saat kemudian baru merasakan gigitannya. Zat pembius ini juga bisa jadi penyebab bentol pada kulit.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network