get app
inews
Aa Read Next : Ini Respon Kapolda Jateng Irjen Ahmad Lutfhi yang Diisukan Maju Cagub

Polri Keluarkan Izin Perhelatan Liga 1 dan 2

Selasa, 01 Juni 2021 | 05:35 WIB
header img
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo akhirnya menerbitkan izin penyelenggaraan Liga 1 dan 2, Senin (31/5/2021). (Foto: iNews.id/MPI).

JAKARTA, iNews.id - Kepolisian Negera Republik Indonesia (Polri) merilis izin Liga 1 dan Liga 2. Hal itu disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, secara terbuka di Mabes Polri pada Senin (31/5/2021).

“Karena itu, dari diskusi kami (Kapolri dan Menpora), kami putuskan dengan beberapa catatan bahwa keselamatan manusia merupakan hukum tertinggi dan senantiasa ditegakkan. Karena itu, dari hasil diskusi kami putuskan memberikan izin keramaian,” kata Kapolri di Mabes Polri, yang juga dihadiri tim MNC Portal Indonesia jejaring iNews Purwokerto pada Senin (31/5/20211).

Sebelumnya PSSI sendiri telah menggelar Kongres Biasa yang berlangsung di Hotel Raffles, Jakarta pada Sabtu 29 Mei 2021 kemarin. Dalam kongres tersebut diketahui menghasilkan sejumlah keputusan, salah satunya soal format baru kompetisi Liga 1 2021.

Menurut pemaparan Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Iwan Budianto, Liga 1 akan berlangsung selayaknya Piala Menpora 2021. Jadi, tim-tim Liga 1 akan dipusatkan di satu kota dengan bermain di sejumlah stadion.

Karena tentunya ada banyak pertandingan yang dimainkan, maka PSSI memutuskan untuk memakai format seri, dengan total ada enam seri selama akhir kompetisi. Jadi, setiap satu seri akan berlangsung selama satu setengah bulan.

Setelah satu setengah bulan berlangsung, klub-klub akan dipulangkan ke markas masing-masing untuk menjalani latihan. Setelah itu kembali lagi menuju seri selanjutnya dan dipusatkan di kota yang berbeda. Semua pertandingan Liga 1 akan berlangsung di Pulau Jawa. Alasannya karena secara mobilitas akan jauh lebih mudah jika dipusatkan di Pulau Jawa.

Tuan Rumah Dipusatkan di Jawa Jadi, cluster pertama berlangsung di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, lalu cluster kedua di Jawa Tengah dan Jogja, dan cluster ketiga di Jawa Timur.

Setelah itu cluster keempat kembali di Jawa Timur, lalu cluster kelima Jawa Tengah dan Jogja, kluster keenam akan ditutup di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Kendati begitu, keputusan itu masih belum final. Pihak LIB masih akan memanggil perwakilan tim untuk mencari format terbaik.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut