get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Tari Calengsai Meriahkan Acara Jagad Lengger Festival 2022

Minggu, 26 Juni 2022 | 19:01 WIB
header img
Tarian Calengsai yang digelar di JLF 2022

BANYUMAS, iNews.id - Penampilan kelompok Calengsai turut memeriahkan gelaran acara Jagad Lengger Festival (JLF) 2022, Minggu (26/6/2022). Terlihat penonton memadati kompleks Pendopo Si Panji untuk menyaksikan penampilan tersebut.

Calengsai sendiri merupakan akronim dari Calung (alat tradisional), Lengger, dan Barongsai. Ketiga unsur tersebut merupakan perpaduan budaya Jawa dan Tiongkok yang sejak dulu beriringan secara harmonis.

Dimulai dengan tembang beserta tarian Jawa yang diiringi musik khas Banyumasan, perlahan alunan musik khas Tiongkok masuk mengiringi langkah barongsai. Seketika riuh penonton pun pecah. Tarian Jawa dan atraksi Barongsai saling bergantian satu sama lain hingga pada akhirnya mereka melebur bersatu padu menghibur para penonton.

Salah seorang penonton Dicky Rega (21) rela menempuh jarak puluhan kilo meter demi bisa datang ke acara Jagad Lengger Festival 2022. Pria asal Cilacap ini mengaku antusias begitu mendengar ada gelaran acara seperti ini. 

"Keren sih mas, kaya aku juga jarang juga lihat tarian seperti itu. Untuk event2 yang seperti ini semoga semakin banyak lagi, biar budaya budaya bisa terus dilestarikan," ujarnya pada iNews.Purwokerto.id.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut