get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswi Palestina di UMP Berbagi Kisah Inspiratif dengan Puluhan Santri di Tegal

Kisah Mantan Karyawan yang Sukses Budidaya Lebah Lokal

Kamis, 30 Juni 2022 | 06:08 WIB
header img
Kisah sukses mantan karyawan yang budidayakan lebah lokal. (Foto: Istimewa)

MENJADI pengusaha merupakan impian Andoni Pridatama sejak lama. Pria asal Malang, Jawa Timur, ini memilih keluar dari kantor lamanya dan memberanikan diri banting setir untuk membuka usaha bernama Sarang Maduku. 

Alasannya pun tak main-main. Pria yang akrab disapa Doni ini menjelaskan, dia ingin membuka usaha agar dapat secara langsung memberdayakan komunitas peternak lebah. 

Hal ini berawal saat Doni berkunjung ke area peternakan lebah. Di sana, dia bertemu peternak yang bercerita kalau penghasilannya tidak menentu karena belum memiliki kerja sama dengan pelaku usaha.

“Ketika saya ke peternakan lebah, saya bertemu peternak lebah dan mereka bercerita mengenai kendala mengembangkan produksi madu. Biasanya, hasil produksi madu mereka itu dikumpulkan dulu dari sesama peternak, lalu baru dijual. Melihat ada peluang bisnis yang baik sekaligus dapat membantu para peternak lebah, akhirnya saya tawari untuk kerja sama dengan saya,” jelas Doni dalam keterangan tertulis yang diterima iNews Purwokerto.

Melihat semangat peternak lebah untuk membantu Doni memulai mengembangkan usahanya, membuat Doni gencar mempelajari strategi penjualan yang tepat di era serba digital ini. 

Dia mencari berbagai informasi seputar bisnis digital, hingga seorang teman merekomendasikannya untuk memulai membuka usaha melalui Shopee. Awalnya, Doni hanya berani memesan madu 25 kg untuk 1 bulan ke peternak. “Saat itu tahun 2019 saya mulai usaha dan langsung buka toko di Shopee. Saya juga mempelajari bagaimana strategi berjualan di Shopee dari berbagai sumber di internet,” ungkap mantan pegawai bank tersebut.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut