get app
inews
Aa Read Next : Berapa Rincian Kenaikan Gaji PNS dan PPPK 2024

Beda Pertemuan Putin dengan Presiden Jokowi dan Macron, Tak Ada Meja Panjang Pemisah

Jum'at, 01 Juli 2022 | 09:18 WIB
header img
Beda gaya Putin terima presiden, berjauhan dengan Macron namun berdekatan dengan Jokowi. Foto/Twitter

JAKARTA, iNews.id - Pertemuan empat mata antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin Kamis (30/6/2022) menjadi perhatian publik. Mereka mengkaitkan pertemuan itu berbeda dengan pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Seperti diketahui, Jokowi dan Putin langsung melakukan pertemuan tete-a-tete di Ruang Upacara Kenegaraan Istana Kremlin. Pertemuan kedua Kepala Negara itu tidak dipisahkan oleh meja panjang. Tapi sebaliknya, keduanya hanya dipisahkan sebuah meja kecil sehingga pembicaraan keduanya terkesan akrab.

Berbeda saat pertemuan Putin dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Saat itu keberadaan meja ekstra panjang (XL) yang memisahkan Putin dengan Macron hingga mencuri perhatian.

Belakangan, dua sumber dalam rombongan Macron menjelaskan alasan di balik keberadaan meja panjang tersebut. Menurut sumber itu pada Reuters, alasan penggunaan meja sangat besar itu karena Macron menolak menjalani tes COVID-19 oleh tim medis Rusia.

Sumber tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa Macron diharuskan menjaga jarak dari Putin setelah Macron menolak protokol kesehatan dan keselamatan.

Keberadaan meja yang sangat panjang itu pun, menempatkan Macron di satu ujung dan Putin di ujung lainnya, menjadi salah satu momen pertemuan yang paling banyak dibicarakan orang.

Selama pertemuan hampir enam jam mereka, Macron dan Putin membahas krisis di Ukraina.

Sementara itu dalam pertemuan dengan Jokowi, Putin mengatakan Rusia siap memenuhi sepenuhnya kebutuhan pupuk produsen pertanian dari negara sahabat.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut