get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Pemesanan Tiket Kereta Api Lebaran 2024, Cek Sekarang dan Nikmati Mudik ke Kampung Halaman

5 Singkatan Kota yang Jadi Nama Kereta Api, Apa Saja?

Minggu, 03 Juli 2022 | 21:23 WIB
header img
Kereta api melintas di wilayah Daop 5 Purwokerto. (Foto: Humas Daop 5 Purwokerto)

PURWOKERTO, iNews.id - Kereta Api (KA) merupakan moda transportasi darat paling diminati masyarakat Indonesia. Selain bebas dari kemacetan lalulintas, pelayanan serta fasilitas Kereta Api juga semakin membaik. Terbukti, banyak Stasiun Kereta Api yang saat ini memiliki pelayanan dan fasilitas yang menyerupai Bandara.

Perlu diketahui, untuk memudahkan penumpang menaiki Kereta Api, terdapat sejumlah nama kereta sebagai salah satu identitas serta rute tujuan agar penumpang dapat mengetahui nama kereta tersebut.

Nama-nama Kereta Api di Indonesia memang sangat beragam. Selain penamaannya yang merujuk pada sejarah, ternyata penamaan kereta api di Indonesia salah satunya juga berdasarkan singkatan dari nama-nama kota yang dilalui kereta tersebut.

Dilansir iNewsPurwokerto.id dari akun Instagram Direktorat Jenderal Perkeretaapian @ditjenperkeretaapian, Minggu (3/7/2022). Berikut nama-nama kereta api yang diambil berdasarkan singkatan nama kota yang dilaluinya.

1. Kereta Api Matarmaja (Malang, Blitar, Madiun dan Jakarta

Kereta api Matarmaja merupakan layanan kereta api penumpang kelas ekonomi yang dioperasikan PT Kereta Api Indonesia untuk melayani lintas Malang–Pasar Senen melalui jalur lintas utara Pulau Jawa (via Cirebon–Semarang–Solo).

Nama Matarmaja merupakan singkatan dari nama kota yang dilalui kereta api ini, "MAlang, BliTAR, MAdiun, dan JAkarta".

Sejarah pengoperasian kereta api Matarmaja dimulai dari peluncuran kereta api Maja pada tahun 1976 yang melayani lintas Madiun–Jakarta melalui Yogyakarta. Hingga akhirnya terus mengalami perubahan dari nama dan rute, kereta api Matarmaja menambah relasi Malang-Jakarta dioperasikan dengan Kereta Ekonomi AC Plus (K3 AC).

2. Kereta Api Joglosemarkerto (Jogja, Solo, Semarang, Purwokerto)

Kereta api Joglosemarkerto merupakan layanan kereta api penumpang kelas eksekutif dan ekonomi yang dioperasikan oleh Kereta Api Indonesia (KAI) untuk melayani rute melingkari Jawa Tengah (Solo Balapan–Yogyakarta–Purwokerto–Tegal–Semarang) dan Cilacap - Yogyakarta PP.

Nama kereta api ini berasal dari nama kota-kota yang dilewati oleh kereta api ini, yakni Jogjakarta, Solo, Semarang, dan Purwokerto. Kereta api ini melayani rute loop line Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Waktu tempuh rata-rata kereta ini 11 jam 15 menit (memutar dari stasiun asal hingga kembali lagi ke stasiun asal) menggunakan gerbong kelas eksekutif dan ekonomi.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut