get app
inews
Aa Read Next : Militer Indonesia Posisi Atas Versi Global Firepower, Israel Peringkat 17 Bukan Terhebat di Dunia

Wartawan Perempuan Diperkosa hingga 16 Jam, Pelakunya Anggota Militer

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:35 WIB
header img
Seorang wartawan perempuan diperkosa hingga 16 jam lamanya. Peristiwa ini menggegerkan karena pelakunya anggota militer Kolombia. (Foto: Shutterstock/Ilustrasi)

BOGOTA,iNews.id - Seorang wartawan perempuan diperkosa hingga 16 jam lamanya. Peristiwa ini menggegerkan karena pelakunya anggota militer Kolombia.

Pengadilan Hak Asasi Manusia (HAM) Inter-Amerika pun memutuskan bahwa negara Kolombia bersalah atas penderitaan seorang jurnalis perempuan setempat yang diculik, disiksa dan diperkosa selama 16 jam. Wartawan ini  diculik pasukan para militer pada  2000 karena melakukan investigasi penyelundupan senjata di penjara negara tersebut.

"Negara Kolombia bersalah karena gagal menyelidiki ancaman yang telah diterima oleh jurnalis Jineth Bedoya yang pada saat itu sedang menyelidiki jaringan kriminal," bunyi putusan pengadilan, yang diterbitkan organisasi sayap yudisial Organisasi Negara-negara Amerika (OAS) yang berkantor pusat di San Jose, Kosta Rika.

"Negara bersalah karena melanggar hak atas jaminan peradilan, perlindungan peradilan dan persamaan [hak] di depan hukum, karena kurangnya ketekunan dalam melakukan penyelidikan," lanjut putusan pengadilan, seperti dikutip AFP, Selasa (19/10/2021).

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut