get app
inews
Aa Read Next : 205 Prajurit Jalani Pembaretan Kopassus di Nusakambangan

Wow, Pendiri MR DIY Masuk Jajaran Orang Terkaya Malaysia, Hartanya Rp27 Triliun

Jum'at, 23 April 2021 | 10:50 WIB
header img
Tan Yu Yeh

KUALA LUMPUR, iNews.id – Pendiri MR DIY Tan Yu Yeh masuk jajaran orang terkaya Malaysia. Dia menjadi salah satu dari dua miliarder pendatang baru orang terkaya Malaysia yang dirilis Forbes. Pendiri MR.DIY itu berharta 1,9 miliar dolar AS  (Rp27 triliun).

MR DIY, perusahaan ritel home improvement didirikan Yeh pada 2005.  Yeh dan adiknya Tan Yu Wei,  mendirikan gerai MR DIY pertamanya di Jalan Tuanku Abdul Rahman pada Juli 2005. Gerai tersebut mempunyai luas 1.000 meter persegi yang menjual alat-alat rumah tangga mulai dari peralatan listrik hingga alat tulis. 

“Pada Oktober 2020, MR DIY melantai di Bursa Malaysia, sehingga mengantarkan dia dan adiknya, Tan Yu Wei menjadi miliarder,” tulis Forbes, dikutip Jumat (23/4/2021).

Yeh awalnya bekerja sebagai insinyur kemudian beralih profesi menjadi agen pialang saham. Lalu, dia memutuskan untuk membangun toko perkakas rumah tangga.

Sejak Mei 2020, dia menjadi Executive Chairman MR DIY. Sementara adiknya menjadi Executive Vice President di perusahaan tersebut dengan fokus membidangi departemen logistik dan pengadaan. Kakak beradik tersebut memiliki 50,6 persen saham MR DIY.


Selain mereka, ada Creador Funds yang kini tercatat sebagai pemegang saham terbesar kedua sekitar 15,2 persen. Managing Director Creador, Ong Chu Jin Adrian menjadi CEO MR DIY. Bersama Yeh, Adrian menjalankan operasional sehari-hari perusahaan.


Hingga sekarang, gerai MR DIY mencapai lebih dari 1.300 unit, setengah di antaranya berlokasi di Malaysia. Mereka juga memiliki gerai di Singapura, Thailand, Indonesia Brunei Darussalam, Filipina, dan Kamboja.

Editor : Masirom

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut