get app
inews
Aa Read Next : Kapan Waktu Terbaik Salat Tahajud di Sepertiga Malam?

Orang yang Selalu Diberkahi, Rezeki Berkah dan Berlimpah, Ini Ciri-cirinya

Jum'at, 15 Juli 2022 | 14:00 WIB
header img
Ciri-ciri Selalu Diberkahi Rezeki Melimpah. Foto: Ilustrasi

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Sejatinya rezeki sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Namun untuk mendapatkan rezeki, setiap manusia memiliki cara dengan berusaha dan ikhtiar. Berikut 6 ciri-ciri orang yang selalu diberkahi rezekinya:

1. Gemar Bersedekah 

Bersedekah merupakan perbuatan terpuji dengan membantu orang lain. Seseorang yang gemar bersedekah akan dibukakan pintu rezekinya oleh Allah Swt, hal ini dijelaskan dalam Alquran surah Al-Baqarah ayatv216 yang berbunyi:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ 

maṡalullażīna yunfiqụna amwālahum fī sabīlillāhi kamaṡali ḥabbatin ambatat sab'a sanābila fī kulli sumbulatim mi`atu ḥabbah, wallāhu yuḍā'ifu limay yasyā`, wallāhu wāsi'un 'alīm

Artinya: "Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui," (QS. Al-Baqarah: 261).

2. Senantiasa Berusaha dan Berdoa 

Seseorang yang dicintai oleh Allah Swt salah satunya ialan yang senantiasa berusaha dan berdoa dengan perasaan yang tulus. Kedua cara tersebut tidak dapat dipisahkan bagi seseorang yang ingin mendapatkan suatu pencapaian.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam surah At-Talaq ayat 3, yang artinya: “Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka, dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya, Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendakinya). Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.”

3. Selalu Bersyukur 

Manusia yang selalu bersyukur senantiasa akan diberikan kenikmatan oleh Allah Swt. Hal ini sesuai dengan apa yang tertuang dalam firman-Nya surah Ibrahim ayat 7 yang artinya:  “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmatKu maka sesungguhnya azabku sangat pedih.”

4. Sering Membaca Alquran 

Sering membaca Alquran terutama surah Al Waqiah bisa memudahkan rezeki dari Allah SWT. Dalam Hadist Riwayat Ibnu Ady disebutkan bahwa, “Kita sangat dianjurkan untuk mengajarkan surat Al-waqiah kepada istri (keluarga) dan anak-anak kita, karena surat tersebut merupakan surat yang mampu menderaskan rezeki bagi siapa pun yang mengamalkannya.”

5. Orang yang Sering Beristighfar 

Beristighfar berarti memohon ampun kepada Allah untuk membersihkan hati dari perbuatan dosa. Dengan memohon ampun kepada Allah, niscaya Allah akan memberi kita kenikmatan. Sebagaimana firman Allah dalam surah Hud ayat 3 yang artinya: "Dan hendaklah kamu memohon ampunan kepada Tuhanmu dan bertobat kepada-Nya, niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik kepadamu sampai waktu yang telah ditentukan. Dan Dia akan memberikan karunia-Nya kepada setiap orang yang berbuat baik. Dan jika kamu berpaling, maka sungguh, aku takut kamu akan ditimpa azab pada hari yang besar (Kiamat).”

6. Selalu Bertawakal kepada Allah 

Bertawakal atau berserah diri sepenuhnya kepada Allah SWT atas segala sesuatu yang terjadi di dunia ini, maka Allah akan mencukupkan nikmat untuk hamba-Nya.  

Itulah 6 ciri orang yang selalu diberkahi rezeki. Sebagai hamba Allah, kita harus percaya bahwasanya Allah sudah menjamin rezeki untuk setiap makhluk-Nya. Hal yang perlu kita lakukan adalah senantiasa mengamalkan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Editor : Pepih Nurlelis

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut