Logo Network
Network

Terbukanya Pintu Surga Bagi Orang yang Menjalankan Puasa Senin Kamis

Tim iNews.id
.
Rabu, 26 Januari 2022 | 19:34 WIB
Terbukanya Pintu Surga Bagi Orang yang Menjalankan Puasa Senin Kamis
Terbukanya Pintu Surga Bagi Orang yang Menjalankan Puasa Senin Kamis (Foto : Ist)

JAKARTA, iNews.id - Puasa Senin Kamis adalah amalan sunah yang sering dikerjakan Rasulullah SAW dan sangat dianjurkan dilakukan kaum Muslimin. Terlebih Kamis yang merupakan hari berdekatan dengan Jumat berkah. 

Seperti diketahui, Jumat merupakan waktu yang memiliki banyak keutamaan, bahkan setiap amal salih di hari tersebut akan dibalas Allah Subhanahu wa ta'ala dengan berbagai keberkahan.

Dai muda Nahdlatul Ulama Ustadz Muhammad Najmi Fathoni mengatakan di antara ibadah yang dicatat pada hari Kamis ketika Muslim menjalankan amalan sunah, yakni salah satunya puasa. Sebab di dalamnya terdapat keistimewaan bagi umat Islam.

"Mengenai keutamaan puasa Senin Kamis, ada hadis juga yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menyebutkan ada berbagai amalan itu dilaporkan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala yaitu pada hari Senin dan Kamis," ujarnya saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

"Diperlihatkan amal-amal pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka aku ingin amalku diperlihatkan saat aku berpuasa." (HR Tirmidzi; shahih lighairihi)

Selain itu, lanjut Ustadz Najmi, bagi Muslimin yang melaksanakan puasa Senin Kamis terdapat manfaat lainnya yang begitu banyak. Salah satunya adalah dapat menjaga kesehatan tubuh.

Lebih lanjut, hari Kamis juga waktu dibukanya pintu surga. Hal ini menunjukkan betapa mulianya hari tersebut, dan beruntungnya bagi orang-orang yang berpuasa sunah pada waktu itu.

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini