get app
inews
Aa Read Next : STY Ungkap Keuntungan Timnas Indonesia Jelang Lawan Uzbekistan, Apa Itu? 

Apakah Indonesia Bakal Ada Jika Majapahit Tidak Runtuh?

Jum'at, 22 Juli 2022 | 14:40 WIB
header img
Ilustrasi Jika Majapahit tidak runtuh, apakah Indonesia akan ada? inilah yang akan terjadi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Jika Majapahit tidak runtuh, apakah Indonesia akan ada? inilah yang akan terjadi. Tentu hal tersebut terpintas dibenak masyarakat Indonesia yang menilai kekuatan dan kondisi Nusantara saat itu jika Majapahit tidak runtuh.

Sebagai kerajaan yang sangat besar, Majapahit tentu dikenal begitu kuat dengan peradaban yang terbilang cukup maju. Seperti diketahui, Majapahit dulunya merupakan kerajaan yang sangat besar dengan wilayah kekuasaannya meliputi Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, Papua, Tumasik (Singapura), Malaysia, Brunei, dan sebagian kepulauan Filipina serta Thailand.

Namun sayangnya, perang saudara yang disebut sebagai Perang Paregreg membuat Kerajaan Majapahit runtuh. Bahkan, sisa-sisa kejayaan Majapahit masih dapat ditemui dari puing-puingnya. 

Dari beberapa kemungkinan tersebut, inilah prediksi yang akan terjadi apabila Kerajaan Majapahit tidak runtuh.

Inilah yang akan terjadi jika Majapahit tidak runtuh


1.Kerajaan Majapahit akan menjadi negara yang amat besar

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa wilayah kekuasaan Majapahit mencakup beberapa negara tetangga, yakni Malaysia, Brunei, Singapura, serta sebagian Thailand dan Filipina.

Namun karena perang saudara, beberapa dari wilayah-wilayah tersebut yang sekarang menjadi negara merdeka akhirnya melepaskan diri dari Kerajaan Majapahit.

Sebaliknya jika Kerajaan Majapahit tidak runtuh, maka teritori negara ini akan sangat luas, atau bahkan semakin luas dan mencakup seluruh wilayah Asia Tenggara.

2.Masih menggunakan bahasa dan aksara Jawa 

Pada masa Kerajaan Majapahit, aksara dan bahasa Jawa digunakan sebagai bahasa persatuan.

Dengan demikian, bahasa dan aksara Jawa akan digunakan sebagai bahasa nasional negeri ini apabila Majapahit masih berdiri hingga saat ini.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut